Logo SitusEnergi
PLN Tetap Teruskan Pembangunan PLTU di Jawa PLN Tetap Teruskan Pembangunan PLTU di Jawa
Jakarta, situsenergy.com Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mengatakan, pihaknya terus melanjutkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap PLTU di Pulau Jawa, karena hal ini telah... PLN Tetap Teruskan Pembangunan PLTU di Jawa

Jakarta, situsenergy.com

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mengatakan, pihaknya terus melanjutkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap PLTU di Pulau Jawa, karena hal ini telah termasuk dalam rencna PLN untuk pembangunan PLTU di Jawa.

Demikian Sofyan Basir menanggapi statemen Menteri ESDM Ignasius Jonan, Selasa (26/9) di Jakarta, terkait larangan baru bagi penambahan pembangkit listrik berbasis bahan bakar batu bara (PLTU) di Pulau Jawa.

Menurt Sofyan Basir, PLN tetap melanjutkan pembangunan  PLTU di Pulau Jawa, meski Menteri ESDM tidak ingin ada penambahan pembangkit yang menggunakan energi batu bara di Jawa.

Alasannya, PLN telah memiliki rencana pembangunan PLTU sampai 2023. Sedangkan keinginan Jonan tidak ada tambahan PLTU di Jawa, akan berlaku pada 2024.

“PLTU ini masih terus nih sampai 2023 nih, kalau RUPTL kan 2019 – 2024. Maksud pak Jonan sampai 2024 itu tidak ada lagi tambahan. PPA baru tidak ada,” kata Sofyan Basir.

Sofyan Basir, mengulangi lagi  pernyataan bahwa untuk PLTU yang pembangunannya sudah masuk dalam perencanaan, prosesnya akan tetap dilanjutkan. Sedangkan keinginan Jonan tersebut akan dicantumkan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) periode berikutnya. “Ya. Progress PLTU tetap jalan sesuai  dalam rencana, yang baru buat RUPTL, sejak 2024 ke depan,” kata Sofyan Basir.

BACA JUGA   Optimalkan Layanan, Elnusa Aktif Gelar Sosialisasi VMS dan CSMS

Sofyan Basir menyatakan, setelah tidak ada tambahan PLTU pasca 2024, PLN akan lebih fokus pada pengembangan pembangkit berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) di Pulau Jawa.

“Kita akan fokus di EBT di Jawa khususnya, ‘kan sudah murah ya, kita pingin nanti Cirata 200 megawatt PLTS. Mau bikin angin di Sukabumi selatan 150 megawatt,” demikian Sofyan Basir.(mul)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *