Logo SitusEnergi
Murah Meriah, Pertalite Jadi BBM Favorite Pengguna Sepeda Motor Murah Meriah, Pertalite Jadi BBM Favorite Pengguna Sepeda Motor
Jakarta, Situsenergy.com Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite (Ron 90) saat ini sudah menjadi jenis BBM favorit yang digunakan oleh pengguna kendaraan roda dua.... Murah Meriah, Pertalite Jadi BBM Favorite Pengguna Sepeda Motor

Jakarta, Situsenergy.com
Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite (Ron 90) saat ini sudah menjadi jenis BBM favorit yang digunakan oleh pengguna kendaraan roda dua. Selain harganya yang relatif murah, dari segi kualitas dianggap jauh lebih baik ketimbang Ron 88 atau jenis Premium.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.134.08 yang terletak di jalan Enggano Raya Jakarta Utara, Minggu (10/9), terlihat baik kendaraan roda dua maupun roda empat justru lebih banyak yang mengantri untuk membeli pertalite ketimbang premium.

“Kalau disini rata-rata kebanyakan isinya pertalite, motor kebanyakan pertalite sih,” ujar Wati (25) Wanita, petugas pengisi BBM pada SPBU tersebut.

Dari sisi pengguna, Pertalite disebut favorite karena harganya yang hanya terpaut sedikit dengan Premium. Selain itu, teknologi terkini yang diadopsi pada kendaraan roda dua saat ini (Sistem Injeksi), disebut juga menjadi pertimbangan lain kenapa konsumen memilih Pertalite ketimbang Premium.

“Lumayan sih mas, harganya terjangkau buat kita yang ngojek. Kalau Pertamax masih terlalu mahal, kalau Premium sayang motornya,” ujar Kartonom (35), Pria, yang mengaku sudah 2 tahun menjadi pengemudi GoJek tersebut.

BACA JUGA   Pertamina Dukung Kedai BUEKA Perluas Cabang dan Ekspansi Produk

Sementara itu bagi Dewi, Wanita (32) yang berprofesi sebagai karyawati BUMN mengaku memilih Pertalite lantaran himbauan dari kantornya. Menurutnya, sebagai karyawan sebuah BUMN, diwajibkan kepadanya untuk mengurangi beban negara dengan penggunaan Premium. Selain itu, dirinya juga menyadari dengan kadar RON yang lebih tinggi ketimbang Premium, sehingga lebih baik untuk kendaraan yang digunakannya.

“Disuruhnya dari kantor pakai minimal Pertalite gitu kalau gak Pertamax, ya kalau isi Premium motor gak ada tarikannya juga. Nanti bon-nya (kuitansi pembelian BBM) tidak bisa di reimburse (kantor),” pungkasnya.

Ditemui terpisah Wely Kumayas, salah seorang warga Bekasi yang ditemui di sebuah SPBU di daerah Bekasi Utara, Minggu (10/9) !mengaku sangat puas menggunakan Pertalite sebagai bahan bakar mobilnya sehari-hari. “Kalau pakai Pertalite memang sedikit mahal tapi secara konsumsi lebih irit dan tenaga mobil juga lebih baik,” katanya kepada situsenergy.com.
Wely justru berharap agar pemerintah segera menarik saja BBM Premium dari SPBU-SPBU secara keseluruhan. “Saat ini memang sebagian SPBU masih menjual Premium, tapi akan lebih baik jika pemerintah meniadakan saja Premium. Jangan tanggung, kalau mau ditiadakan lakkukan di seluruh SPBU. Jangan bikin repot masyarakat. Kalau Premium hilang, masa iya yang punya kendaraan ngga mau isi, pasti isi BBM,” pungkasnya.(nsu/adi)

BACA JUGA   Pemudik Bakal Melonjak, ESDM Minta Jaga Pasokan BBM di Jalur Pantura

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *