Logo SitusEnergy
Meninggal Dunia, Ini Profil Sugiharto, Mantan Menteri BUMN dan Komut Pertamina Meninggal Dunia, Ini Profil Sugiharto, Mantan Menteri BUMN dan Komut Pertamina
Jakarta, Situsenergi.com Kabar duka kembali menyelimuti tanah air. Sugiharto, Mantan Menteri BUMN periode 2004-2007 yang juga mantan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) periode 2010-2017... Meninggal Dunia, Ini Profil Sugiharto, Mantan Menteri BUMN dan Komut Pertamina

Jakarta, Situsenergi.com

Kabar duka kembali menyelimuti tanah air. Sugiharto, Mantan Menteri BUMN periode 2004-2007 yang juga mantan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) periode 2010-2017 dikabarkan meninggal dunia hari ini, Kamis (15/7/2021). 


Semasa hidupnya, almarhum Sugiharto menorehkan banyak prestasi. Ia juga pernah menduduki beberapa jabatan strategis di pemerintahan maupun swasta.


Almarhum Sugiharto menuntaskan pendidikan doktoralnya (S3) di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2008 dengan predikat cum laude. Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1986 itu, juga mengecap pendidikan MBA dari Indonesian School of Management dan Amsterdam School of Management dan dinyatakan lulus tahun 1996.


Sejumlah diklat dan sertifikasi dalam bidang technical audit, risk governance professional, basic/intermediate/advance audit training pernah Sugiharto jalani, baik di dalam maupun di luar negeri.

Jabatan publik diemban Sugiharto saat menjadi staf khusus Wakil Presiden Hamzah Haz tahun 2002-2004. Kemudian pada tahun 2004-2007 menjabat Menteri BUMN dalam Kabinet Indonesia Bersatu.


Sebelum ditunjuk sebagai Menteri BUMN, Sugiharto menjabat sebagai direktur keuangan di PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Di perusahaan minyak nasional ini, Sugiharto sudah bekerja kurang lebih selama 13 tahun.

BACA JUGA   Tekan Penyebaran Covid 19, Pertamina Semprot Disinfektan ke Sejumlah Rumah Ibadah

Selepas menjadi menteri BUMN, tahun 2010 hingga 2015 Sugiharto dipercaya menjadi komisaris Utama PT Pertamina. Pada periode 2010-2017, Sugiharto juga sempat menduduki sejumlah posisi seperti anggota BPA, komisaris utama, dan komisaris pada PT AJB Bumiputera 1912.


Sejumlah jabatan korporasi hingga terakhir masa hidupnya masih dipegang Sugiharto, diantaranya adalah komisaris utama PT Jababeka Infrastruktur, komisaris utama dan independen PT GRHA 165 Tbk, komisaris utama PT Wahana Mandiri Indonesia, board of advisor Islamic Development Bank (IDB) member countries sovereign investment forum.


Jabatan lain yang masih dipegang Sugiharto hingga kini yakni regional advisor Air Liquide Group France, komisaris PT Regio Aviasi Industri, komisaris utama PT Bintang Energi Lestari, komisaris independen PT AJ Adisarana Wanaartha.


Adapun jabatan organisasi sosial kemasyarakatan yang pernah disandang Sugiharto terdiri dari dosen program S2 SBM-ITB tahun 2012-2015, dosen MBA-Bashar Sariah Yayasan Pendidikan Perbankan Indonesia (YPI) tahun 2010-2012, dan Ketua Presidium Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) tahun 2014-2015.


Kemudian jabatan organisasi sosial kemasyarakatan yang masih dijabat Sugiharto hingga kini diantaranya adalah wakil ketua umum ICMI, wakil ketua badan penasehat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI), dan anggota dewan penyantun Universitas Islam Al-Azhar Jakarta.

BACA JUGA   Minyak Merosot, Terbebani Kekhawatiran Virus Corona Global


Sementara itu dari organisasi profesi, diantaranya Sugiharto sejak tahun 2011 hingga kini menjabat anggota dewan kehormatan Indonesia Risk Professional Association (IRPA) yang diketuai Muliaman D. Hadad. Sugiharto juga pernah menjabat sebagai anggota badan penasehat Asosiasi Auditor Internal Indonesia periode 2012-2015.


Sederet penghargaan pun berhasil disandang Sugiharto. Diantaranya adalah The Best CEO Of The Year dari Institute Manajemen Prasetya Mulia/Mendiknas tahun 1996. Dan tidak ketinggalan, Bintang Jasa Mahaputera Adipradana yang diberikan oleh presiden RI atas jasanya sebagai menteri BUMN periode 2004-2007. (SNU/RIF)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *