Logo SitusEnergy
Kualitas Pertalite Setara Dengan Pertamax, Kok Bisa? Kualitas Pertalite Setara Dengan Pertamax, Kok Bisa?
Jakarta, situsenergi.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan oktan number 90 bisa setara dengan... Kualitas Pertalite Setara Dengan Pertamax, Kok Bisa?

Jakarta, situsenergi.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dengan oktan number 90 bisa setara dengan BBM jenis Pertamax dengan oktan number 92.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan kualitas BBM jenis Pertalite seperti Pertamax didasari berdasarkan studi ITB berkat pencampuran etanol 5 persen yang dilakukan secara konsisten.

“Tahun 2021 Tim Studi Bioetanol ITB telah melakukan kajian pencampuran etanol 5% ke dalam Pertalite (RON 90) menjadi kualitas sama dengan Pertamax (RON 92). Studi ITB tersebut konsisten dengan kajian pencampuran etanol 5% dengan pertalite RON 90 yang dilakukan oleh PT Pertamina,” kata Menteri ESDM, dalam pernyataannya yang dikutip (06/11/2022).

Dengan kajian yang dilakukan ITB tersebut, Menteri ESDM meyakini potensi untuk mengembangkan bioetanol untuk pencampuran BBM dinilai sangat terbuka lebar untuk menciptakan ketahanan energi.

“Potensi hilirisasi bioetanol berbasis tebu membuka peluang menciptakan ketahanan energi melalui pengurangan ketergantungan impor bahan bakar minyak nasional, sekaligus menciptakan bauran energi baru terbarukan yang ramah lingkungan,” kata Arifin.

Program Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi diproyeksikan dapat menjadi solusi peningkatan jumlah produksi bioetanol nasional dari 40 ribu kiloliter di tahun 2022 menjadi 1,2 juta kiloliter di tahun 2030 dan menjadi potensi campuran BBM jenis minyak bensin.

BACA JUGA   Patra Niaga Jatimbalinus : Pertamax Itu Non Subsidi, Harganya Juga Lebih Murah Dari Kompetitor

Hal ini didasarkan pada studi yang dilakukan di Brazil, energi yang dihasilkan dari 1 ton tebu setara dengan 1,2 barel crude oil. (SA/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *