Logo SitusEnergi
Kemenko Marves Ajak pemangku Kepentingan untuk Merancang Strategi Penerapan CCS Kemenko Marves Ajak pemangku Kepentingan untuk Merancang Strategi Penerapan CCS
Jakarta, Situsenergi.com Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama merancang strategi yang akan... Kemenko Marves Ajak pemangku Kepentingan untuk Merancang Strategi Penerapan CCS

Jakarta, Situsenergi.com

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama merancang strategi yang akan membuka jalan bagi keberhasilan penerapan carbon capture storage (CCS) hub atau industri penangkapan dan penyimpanan karbon di Indonesia.

“Upaya kolaboratif ini sangat penting dalam mencapai tujuan kita bersama untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan,” kata Menko Luhut dalam peluncuran  International and Indonesia CCS Forum 2024 di Jakarta, yang dikutip, Rabu.

Luhut meminta semua pihak, untuk memanfaatkan potensi penyimpanan karbon di Indonesia. Berdiri bersama untuk investasi berkelanjutan, dengan upaya yang bertujuan mengurangi emisi karbon sebagai pendorong investasi.

“Pada tahun-tahun mendatang, kami mendorong seluruh pemangku kepentingan di industri CCS memanfaatkan potensi kapasitas penyimpanan Indonesia yang besar, mengembangkan industri hilir untuk menghasilkan produk rendah karbon,” papar Luhut.

Lebih jauh Luhut juga menyampaikan dukungan penuh kepada Indonesia CCS Center, dan mendorong organisasi tersebut merangkul dan memupuk kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk lembaga negara, badan usaha milik negara, perusahaan swasta, dan lembaga internasional.

“Kemitraan ini berperan penting dalam melakukan studi, mengadvokasi peraturan yang diperlukan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan CCS di Indonesia,” tukasnya.

Indonesia CCS Center  sendiri akan kembali menggelar International and Indonesia CCS (IICCS) Forum 2024 di Jakarta pada 31 Juli-1 Agustus 2024. Pada tahun keduanya, IICCS Forum memiliki arti strategis bagi Indonesia, sekaligus menjadi wadah untuk menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi penyimpanan CO2 terbesar.

BACA JUGA   Pertamina Jamin Ketersediaan Produk Solar di Seluruh SPBU

Menurut Luhut, forum ini merupakan bukti kuat komitmen pemerintah terhadap pengelolaan lingkungan dan praktik berkelanjutan.

“Partisipasi dan kehadiran Anda di forum 2024 tidak diragukan lagi akan berkontribusi terhadap keberhasilan inisiatif penting ini. Bersama-sama, mari kita membangun masa depan di mana Indonesia menjadi mercusuar inovasi dan kepemimpinan di bidang penangkapan dan penyimpanan karbon,” tutup Luhut.(Ert/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *