Logo SitusEnergi
Warga Dua Desa di Gorontalo Sudah Bisa Nikmati Listrik PLN Warga Dua Desa di Gorontalo Sudah Bisa Nikmati Listrik PLN
Jakarta, situsenergy.com PT PLN (Persero) melalui unitnya yakni PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Dan Gorontalo (Suluttenggo) berhasil melistriki dua desa di Kecamatan Bulango Ulu,... Warga Dua Desa di Gorontalo Sudah Bisa Nikmati Listrik PLN

Jakarta, situsenergy.com

PT PLN (Persero) melalui unitnya yakni PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Dan Gorontalo (Suluttenggo) berhasil melistriki dua desa di Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Dua desa tersebut ialah Desa Owata dan Desa Mongiilo.

Peresmian desa berlistrik ini ditandai dengan penyalaan rumah pelanggan dan rumah pelayanan kesehatan Kecamatan Bulango Ulu oleh Gubernur Provinsi Gorontalo Rusli Habibie dan Kapolda Gorontalo Brigjen Rachmat Fudail bersama General Manager PLN Suluttenggo Edison Siphutar.

Edison menjelaskan potensi pelanggan yang akan dijangkau oleh dua desa yang dilistriki sebanyak 405 pelanggan, masing-masing 186 pelanggan di Desa Owata dan 219 pelanggan di Desa Mongiilo.

Kehadiran listrik di dua desa tersebut turut menambah jumlah desa berlistrik di Kabupaten Bone Bolango  menjadi 165 desa. “Saat ini desa berlistrik di seluruh Gorontalo menjadi  714 desa dan akhir 2017 ini menjadi 716 desa. Selanjutnya pada tahun 2018, PLN berencana menuntaskan pembangunan jaringan di  19 desa lagi agar rasio desa berlistrik di Provinsi Gorontalo menjadi 100%. 4 desa di Kabupaten Gorontalo Utara dan 15 desa di Kabupaten Bone Bolango,”  tutur Edison dalam keterqangan persnya kepada wartawan, Selasa..

BACA JUGA   Potret Kekuatan Tawar RI Soal Renegosiasi Kontrak Freeport

Sementara itu warga di dua desa tersebut  mengaku sangat senang dan bersyukur dengan terangnya desa mereka, setelah sekian lama tidak mendapatkan aliran listrik.

“Kami sangat senang dan berterimakasih kepada Bapak Gubernur dan PLN, syukur rumah kami sudah terang sekarang,” ungkap Yusuf Usman salah satu warga Desa Mongiilo.

Selama tahun 2017 PLN telah membangun total jaringan listrik yang tersebar di 4 desa yaitu jaringan tegangan menengah sepanjang 105 kms (kilometer sirkit), 37 gardu distribusi dan jaringan tegangan rendah sepanjang 44 kms.

“Itu semua usaha PLN agar rasio desa berlistrik di Provinsi Gorontalo akan mencapai 98 % dengan rasio elektrifikasi 90%,” tegas Edison.

PLN terus berupaya mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan pembangunan listrik desa di Gorontalo, dengan semangat Kerja Nyata Menerangi Pelosok Indonesia, PLN terus melakukan pembangunan kelistrikan ke seluruh pelosok tanah air.

Pembangunan listrik desa sangat penting untuk menggerakan dunia usaha, mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.(adi)

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *