SKK Migas Tanggapi Santai Hengkang Beberapa Perusahaan Migas Asing Dari Indonesia SKK Migas Tanggapi Santai Hengkang Beberapa Perusahaan Migas Asing Dari Indonesia
Jakarta, Situsenergi.com Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) buka suara tentang beberapa perusahaan migas asing yang akan hengkang dari Indonesia. Seperti... SKK Migas Tanggapi Santai Hengkang Beberapa Perusahaan Migas Asing Dari Indonesia

Jakarta, Situsenergi.com

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) buka suara tentang beberapa perusahaan migas asing yang akan hengkang dari Indonesia. Seperti Diketahui Shell tidak lagi mengelola migas di Indonesia. Kemudian Chevron dinyatakan akan berakhir kontrak pengelolaan blok Rokan dan terbaru Conoco Phillips yang membuka pembukaan data kepada pemerintah karena mau melepas hak partisipasinya di Blok Corridor.

hal itu Taslim Z Yunus, Sekretaris SKK Migas, mengungkapkan beberapa perusahaan migas ternama merupakan hal biasa dalam sebuah industri, apalagi industri migas. Oleh sebab itu tidak perlu ditanggapi secara berlebihan.

Untuk kasus Conoco Phillips, memang cukup mengejutkan. Pasalnya pemerintah telah memberikan perpanjangan kontrak selama tiga tahun di Koridor.

“Mungkin mereka melihat life cycle-nya turun. Kami bisa melihat treatment-nya, kalau tidak ada potensi buat mereka lebih untung untuk dijual,” kata Yunus dalam keterangannya, Kamis (10/6/2021).

Taslim menyayangkan sikap Conoco. Pasalnya perpanjangan kontrak baru saja diberikan. Menurut Taslim, bisa saja perusahaan mau berinvestasi di wilayah lain.

“Dengan dijual bisa investasi lagi di tempat lain. Kalau sudah matang, turun produksi biasanya mereka pilih keluar,” ungkap Taslim.

Taslim menyatakan tidak perlu terlalu khawatir dengan rencana hengkangnya perusahaan negeri. Ini justru menjadi peluang bagi perusahaan migas nasional untuk unjuk gigi. Salah satunya adalah PT Pertamina (Persero). Jika serius, maka rencana peluncuran PI oleh Conoco Phillips bisa menjadi peluang bagus untuk Pertamina.

“Kalau Pertamina melihat peluang bagus mereka akan beli itu Koridor,” tukasnya. (DIN/RIF)

BACA JUGA   PERTAMINA, MELAWAN MAFIA DENGAN KINERJA BUKAN DENGAN KATA-KATA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!