Setahun Terbentuk, Erick Thohir Klaim Subholding Pertamina Bawa Manfaat Setahun Terbentuk, Erick Thohir Klaim Subholding Pertamina Bawa Manfaat
Jakarta, Situsenergi.com Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengklaim, setahun setelah terbentuk, subholding PT Pertamina (Persero) telah menunjukkan berbagai manfaat. Terbesar kata... Setahun Terbentuk, Erick Thohir Klaim Subholding Pertamina Bawa Manfaat

Jakarta, Situsenergi.com

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengklaim, setahun setelah terbentuk, subholding PT Pertamina (Persero) telah menunjukkan berbagai manfaat. Terbesar kata dia yaitu di sektor upstream. Subholding Hulu Migas disebutnya telah menghasilkan beberapa temuan cadangan migas baru di Indonesia.

“Subholding Pertamina sudah ada impact baik, bagaimana beberapa titik di hulu ketika jadi subholding dan sinergi manajemennya, ada temuan minyak baru, potensi minyak baru, setelah kita satukan, reduksi titik-titiknya,” ujar Erick dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (3/6/2021).

Di sisi panas bumi (geothermal), kata Erick, kinerja operasional saat ini sudah lebih efisien, termasuk juga bisnis kilang yang kinerjanya sudah baik ketimbang sebelumnya yang terus merugi.

“Geothermal menjadi efisien, kilang sekarang sudah untung, tadinya selalu rugi,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa pembentukan subholding Pertamina bukanlah menjual aset negara. Subholding sendiri disebutnya adalah mensinergikan anak usaha agar lebih kuat.

“Ini saya sampaikan di sidang MK (Mahkamah Konstitusi) bahwa kita ini bukan menjual aset bangsa, kita mengnyinergikan aset bangsa supaya lebih kuat,” tegasnya.

BACA JUGA   RUPS Tetapkan Alfian Nasution Jadi Dirut Pertamina Patra Niaga

Sebagai informasi saja, PT Pertamina (Persero) kini telah memiliki enam subholding, yakni:
– Upstream Subholding, yang dioperasikan PT Pertamina Hulu Energi,
– Gas Subholding, PT Perusahaan Gas Negara
– Refinery & Petrochemical Subholding, PT Kilang Pertamina Internasional
– Power & New Renewable Energy Subholding, PT Pertamina Power Indonesia,
– Commercial & Trading Subholding, PT Pertamina Patra Niaga
– Shipping Subholding, PT Pertamina International Shipping. (SNU/RIF)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!