Logo SitusEnergi
Penyaluran BBM Dari Plumpang Tetap Akan Lancar Penyaluran BBM Dari Plumpang Tetap Akan Lancar
Jakarta – situsenergi.com | Beredarnya pesan berantai yang meng-infokan akan terjadi stop operasi penyaluran BBM ke SPBU-SPBU di Jabodetabek oleh para Awak Mobil Tangki (AMT) , menurut... Penyaluran BBM Dari Plumpang Tetap Akan Lancar

Jakarta – situsenergi.com | Beredarnya pesan berantai yang meng-infokan akan terjadi stop operasi penyaluran BBM ke SPBU-SPBU di Jabodetabek oleh para Awak Mobil Tangki (AMT) , menurut belasan sopir angkutan BBM di terminal BBM/Depot Plumpang , terkesan terlalu dibesar-besarkan.

Jumlah AMT yang melayani angkutan BBM ke wilayah Jabodetabek , setiap hari tidak kurang dari 1000 orang dan hanya sedikit yang berkait dengan patra niaga.

Para sopir mobil tangki, terikat kontrak kerja dengan beberapa perusahaan swasta yang merupakan mitra kerja dengan anak anak perusahaan Pertamina.

“Kami sejak dulu , adalah tenaga out sourcing dari perusahaan penyedia tenaga kerja sopir” , demikian keterangan dari beberapa sopir angkutan BBM.

Masih menurut keterangan beberapa sopir, sejak dulu, setiap hari Pertamina selalu menyiapkan sopir-sopir cadangan untuk mengisi kekosongan jika ada sopir yang tidak masuk kerja. Jadi angkutan BBM selalu bisa berjalan dan pengiriman selalu lancar walau ada sopir yang libur kerja atau berhalangan masuk kerja.

Info yang diperoleh, memang ada puluhan sopir yang berjuang dan berharap diangkat sebagai sopir pekerja tetap di Patra Niaga , tetapi mereka itu salah paham dan melupakan bahwa sejak awal kerja sebagai sopir angkutan BBM , mereka membuat kontrak kerjanya bukan dengan Patra Niaga tetapi dengan perusahaan swasta , mitranya Patra Niaga.

BACA JUGA   Dalam Pembatasan Covid-19, SKK Migas dan KKKS Percepat Proyek Hulu Migas

Sepertinya, isu stop operasi dari hanya beberapa puluh sopir angkutan BBM ini , telah diopinikan berlebihan.

SOP yang selama ini dijalankan Pertamina untuk kelancaran angkutan BBM sudah jelas selalu siap dengan sopir cadangan baik yang di standby kan buat terminal BBM Plumpang maupun terminal-terminal lain diseluruh Indonesia.

Bahkan Pertamina bisa meminta bantuan pengemudi dari TNI dan Polri untuk situasi tertentu. Dengan demikian maka penyaluran BBM tetap akan berjalan sebagaimana mestinya walau pun misalnya ada kasus berhenti kerja para AMT.

Menurut Pengamat Kebijakan Energy, Sofyano Zakaria, Terminal BBM yang merupakan objek vital nasional , pengamanannya pada dasarnya, merupakan tanggung jawab dari aparat keamanan terkait. Isu stop kerja yang bisa menimbulkan keresahan publik harusnya menjadi perhatian serius pihak aparat keamanan dan ini harus diantisipasi sejak dini, ujar Sofyano yang juga Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik.

Pesan berantai yang beredar bisa dimaknai sebagai upaya menimbulkan kepanikan harus dicegah oleh aparat keamanan. (red)

—–***—–
*SitusEnergy.com adalah media online bagi masyarakat umum. Bagi pembaca/netter yang ingin berbagi informasi/berita/artikel/opini/pendapat/ide atau gagasan melalui SitusEnergy.com dapat mengirimkan tulisannya melalui email : redaksi@situsenergy.com. Setiap tulisan yang terbit di SitusEnergy.com menjadi tanggung jawab dari Penulis.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *