Logo SitusEnergi
Liku-liku Distribusi BBM dan LPG di Sulawesi Liku-liku Distribusi BBM dan LPG di Sulawesi
Jakarta, situsenergy.com Memiliki luas wilayah yang cukup besar yang meliputi 6 provinsi di Pulau Sulawesi dengan puluhan atau bahkan ratusan pulau-pulau kecil, menyebabkan Pertamina... Liku-liku Distribusi BBM dan LPG di Sulawesi

Jakarta, situsenergy.com

Memiliki luas wilayah yang cukup besar yang meliputi 6 provinsi di Pulau Sulawesi dengan puluhan atau bahkan ratusan pulau-pulau kecil, menyebabkan Pertamina MOR VII seringkali kewalahan untuk mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) maupun Elpiji hingga ke pelosok.

Menurut General Manager Pertamina MOR VII, Joko Pitoyo, pihaknya sering terkendala untuk menyalurkan BBM maupun Elpiji ke pulau-pulau karena gangguan cuaca. “Yang paling mengganggu adalah cuaca atau saat musim ombak, padahaal kita harus manyalurkan BBM atau Elpiji ke pulau tersebut,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (2/11).

“Angkutan kapal itu tergantung cuaca. Seperti misalnya kita sudah mau merapat tetapi karena cuacanya tidak bagus terpaksa harus menunggu dulu hingga cuaca membaik,” tambah Joko.

Hal itu, kata dia, seperti yang pernah dialami saat hendak mengisi BBM di daerah Talaud. Menurut dia, untuk mengisi BBM di dua SPBU yang ada di pulau tersebut bisa dilakukan dalam satu hari, namun karena cuaca tidak mendukung tim terpaksa harus menginap dulu. “Padahal jaraknya dekat dan kelihatan. Kita sempat bertahan dulu semalam, karena memang wilayah tersebut sudah dekat dengan lautan bebas. Samudera Pasifik,” tukasnya.

BACA JUGA   Menteri Jonan Apresiasi Badak NGL

Selain kendala di laut, keberadaan lokasi yang jauh dan berbukit-bukit seperti di Toraja, Palopo, Mamuju, Majene, Poso dan lain-lain juga menjadi kendali tersendiri dalam mendistribusikan BBM dan elpiji. “Apalagi seperti di Poso yang memang agak rawan. Kita harus koordinasi dengan pihak keamanan setempat dan juga TNI,” ungkapnya.(adi)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *