Logo SitusEnergi
Indonesia Berpotensi Bersaing di Industri Kendaraan Listrik Global Indonesia Berpotensi Bersaing di Industri Kendaraan Listrik Global
Jakarta, Situsenergi.com Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Indonesia berpotensi untuk memproduksi kendaraan listrik secara nasional, serta bersaing di industri kendaraan listrik... Indonesia Berpotensi Bersaing di Industri Kendaraan Listrik Global

Jakarta, Situsenergi.com

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa Indonesia berpotensi untuk memproduksi kendaraan listrik secara nasional, serta bersaing di industri kendaraan listrik global.

Untuk itu menurut dia, perlu didorong sinergitas dan kolaborasi antarlembaga pemerintah, pelaku industri otomotif, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik.

“Jadi bagaimana kita mampu menciptakan ekosistem kendaraan listrik, termasuk produksi komponen penting seperti baterai, menjadi hal yang krusial,” ujar Menhub dikutip di Jakarta, Rabu (02/8).

Menurutnya, sektor transportasi menjadi fokus dari program transisi ke energi terbarukan, salah satunya melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

“Penggunaan kendaraan listrik ini turut berperan dalam dekarbonisasi transportasi jalan yang menyumbang lebih dari 15 persen emisi energi global. Diharapkan dapat meningkatkan efisiensi energi, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar karbon, dan meningkatkan kualitas udara,” papar Menhub.

“Kemenhub, telah menetapkan sejumlah kebijakan dan peraturan untuk mendukung sistem transportasi berkelanjutan, termasuk percepatan penggunaan kendaraan listrik seperti aturan konversi kendaraan sepeda motor dan kendaraan lainnya, menerapkan biaya uji tipe yang lebih murah untuk kendaraan listrik, dan melibatkan pihak swasta,” sambung dia.

Lebih jauh Menhub mengatakan, dengan peran aktif semua pihak, akan semakin memperkuat komitmen dan kolaborasi antarpemangku kepentingan untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.(Ert/SL)

BACA JUGA   Amankan Pasokan Listrik Jelang Hari Raya Idul Fitri, PLN Nusantara Power Siagakan 3.201 Personel

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *