Logo SitusEnergy
1.312 Mahasiswa dari 280 Perguruan Tinggi Lolos Seleksi Administrasi Program Gerilya Kementerian ESDM 1.312 Mahasiswa dari 280 Perguruan Tinggi Lolos Seleksi Administrasi Program Gerilya Kementerian ESDM
Jakarta, Situsenergi.com Program Kampus Merdeka Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya) Kementerian ESDM untuk Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 4 telah merampungkan... 1.312 Mahasiswa dari 280 Perguruan Tinggi Lolos Seleksi Administrasi Program Gerilya Kementerian ESDM

Jakarta, Situsenergi.com

Program Kampus Merdeka Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya) Kementerian ESDM untuk Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 4 telah merampungkan proses pendaftaran dan seleksi administrasi dengan meloloskan 1.312 mahasiswa.

Hingga pendaftaran ditutup pada 15 Januari 2023 tercatat 2.456 mahasiswa mendaftar program tersebut.
Menurut Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi, distribusi pendaftar program Gerilya berasal dari 280 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi negeri ataupun swasta.

“Dari 2.456 pendaftar, mahasiswa yang lolos tahapan pertama yakni seleksi administrasi sebanyak 1.312 mahasiswa,” kata Agung dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, pengumuman telah disampaikan pada Kamis (19/1/2023) malam melalui email peserta yang didaftarkan pada platform Kampus Merdeka. Agung mengungkapkan peserta lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan esai yang akan dilaksanakan serentak sesuai waktu yang ditentukan.

Agung juga meminta kepada para peserta yang belum lolos di tahap seleksi administrasi agar terus semangat dalam berkontribusi bagi sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia melalui program-program lainnya.

“Kami sangat senang menerima antusiasme dari para mahasiswa yang ingin mendorong transisi energi di Indonesia. Buat yang belum lulus jangan putus asa. Kontribusi bisa dimana saja, ini hanya salah satu platform yang mewadahi, banyak platform dan program-program lain di luar sana,” ungkap Agung.

Program Gerilya MSIB Batch 4 diinisiasi untuk memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan mencetak tenaga kerja profesional di bidang industri energi terbarukan.

“Kurikulum Gerilya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mendapatkan pengalaman lapangan, menyiapkan diri memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Menurutnya, Program Gerilya ini ditujukan bagi sekitar 100 mahasiswa. Peserta harus sudah berstatus semester 5 ke atas dapat mengikuti Kampus Merdeka yang dapat dikonversi hingga 20 SKS.

“Setelah mendapatkan pembekalan, peserta Gerilya akan diterjunkan langsung ke perusahaan yang bergerak di bidang PLTS untuk mempraktikkan, mengoperasikan, memelihara, serta mengatasi permasalahan ketika ada peristiwa yang mengganggu fungsi kerja PLTS atap,” pungkasnya.(Ert/SL)

BACA JUGA   Tinjau SPBU di Jalur Arus Balik, Jonan Apresiasi Layanan Pertamina

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *