Logo SitusEnergy
Wamen BUMN: Proses Transisi Blok Rokan Harus Berjalan Mulus Wamen BUMN: Proses Transisi Blok Rokan Harus Berjalan Mulus
Jakarta, Situsenergi.com Wakil Menteri BUMN I, Pahala N Mansury mengapresiasi PLN dan PT Chevron Standard Limited (CSL) yang telah menuntaskan perpindahan kepemilikan pembangkit listrik... Wamen BUMN: Proses Transisi Blok Rokan Harus Berjalan Mulus

Jakarta, Situsenergi.com

Wakil Menteri BUMN I, Pahala N Mansury mengapresiasi PLN dan PT Chevron Standard Limited (CSL) yang telah menuntaskan perpindahan kepemilikan pembangkit listrik PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) dengan baik. Dia pun berharap proses transisi dalam satu bulan ini dapat berjalan lancar, beriringan dengan peralihan kelola wilayah kerja Rokan dari Chevron ke Pertamina.

“Blok Rokan sangat strategis bagi Indonesia karena memproduksi 25 persen produksi minyak nasional. Selama ini, mayoritas energi listrik disuplai oleh pembangkit milik MCTN. Sehingga kesepakatan ini sangat penting untuk memastikan suplai listrik Blok Rokan di masa mendatang,” ujar Pahala, dalam agenda virtual penandatanganan perjanjian pengalihan saham CSL ke PLN, Selasa (6/7/2021).

Sementara itu, Regional Director Chevron Standard Limited, Jennifer Ferratt menuturkan, dengan tuntasnya proses ini maka diharapkan transisi di MCTN dapat berjalan lancar dan selaras dengan transisi Blok Rokan ke Pertamina Hulu Rokan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah bekerjasama dengan CSL untuk menghasilkan perjanjian yang fair dan hasil akhir yang baik,” ujar Jennifer.

BACA JUGA   Pasokan Listrik Berangsur Normal di Beberapa Wilayah

Sementara itu, Menteri ESDM, Arifin Tasrif menambahkan, Blok Rokan menyimpan potensi cadangan minyak yang sangat besar. Maka dari itu, untuk bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi negara, dibutuhkan strategi yang baik. Dengan kesepakatan ini, maka PLN akan meneruskan pemanfaatan PLTG North Duri Cogen sebelum pasokan listrik WKB Rokan disuplai oleh jaringan interkoneksi sistem Sumatera.

“PLN harus memastikan jaminan pasokan listrik bagi Blok Rokan, sehingga Pertamina mampu menjaga keberlanjutan produksi 25 persen minyak nasional. Oleh karena itu, pembangkit listrik harus andal dengan biaya yang lebih efisien, sehingga dapat memberikan manfaat yang jauh lebih baik bagi Bangsa dan Negara,” pungkasnya.

PT PLN (Persero) resmi menandatangani sales and purchase agreement (SPA) atau perjanjian jual beli saham, pada hari Selasa (6/7/2021) sehubungan dengan akuisisi atas 100 persen saham PT MCTN yang dimiliki oleh Chevron Standard Limited.

Penandatanganan SPA dilakukan oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dan Regional Director Chevron Standard Limited, Jennifer Ferratt secara daring. Kesepakatan ini juga disaksikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini serta manajemen Chevron Standard Limited sebagai pemilik saham mayoritas MCTN. (SNU/RIF)

BACA JUGA   Tingkatkan Cadangan Migas, Pertamina EP Investasi Senilai USD 13 Juta Di Sumur Radiatus Madu (RDM)-1

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *