Logo SitusEnergi
Travo 500 kV Beroperasi, PLN Hemat Rp 3,5 T per Tahun Travo 500 kV Beroperasi, PLN Hemat Rp 3,5 T per Tahun
Jakarta, situsenergy.com Direktur Bisnis PLN Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin mengatakan, pihaknya mampu berhemat Rp 3,5 triliun per tahun pascapengoperasian trafo berkapasitas 500 kiloVolt... Travo 500 kV Beroperasi, PLN Hemat Rp 3,5 T per Tahun

Jakarta, situsenergy.com

Direktur Bisnis PLN Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin mengatakan, pihaknya mampu berhemat Rp 3,5 triliun per tahun pascapengoperasian trafo berkapasitas 500 kiloVolt di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Cibinong, Jawa Barat.

Menurut Amir, PLN selalu berupaya menjaga keandalan pasokan listrik dengan terus memperkuat jalur distribusi listrik. “Hari (Senin) ini interbus transformer (IBT) Unit 3 di GITET Cibinong resmi beroperasi,” katanya di Jakarta, Senin (30/10).

Menurut dia, IBT Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong 500 kV itu mampu mentransfer daya listrik sebesar 500 MegaVoltAmpere dari tegangan 500 kV ke 150 kV, yang kemudian disalurkan memperkuat keandalan pasokan listrik di Karawang dan Bekasi.

Di sisi lain, lanjutnya, beroperasinya IBT juga membawa manfaat bagi PLN dalam upaya menekan biaya pokok produksi tenaga listrik.

“Potensi penghematan BPP dari IBT Unit 3 ini sebesar Rp3,5 trilun per tahun. Ini terjadi dengan menyubstitusi suplai daya dari pembangkit yang biaya produksi tinggi digantikan dengan pembangkit yang biaya produksi lebih murah dari sistem 500 kV,” kata dia.

BACA JUGA   Menteri ESDM: Pembangunan Fasilitas Pemurnian Mineral Harus Selesai 10 Juni 2023

Ia mengatakan, penurunan BPP merupakan program PLN dalam rangka menyediakan listrik yang andal dengan tarif yang murah.

Pihaknya, lanjut dia, mempercepat pembangunan trafo IBT Cibinong untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PLN di sebagian Jawa Barat.

“Percepatan penyelesaian pembangunan IBT Cibinong ini bukan tanpa kendala, tetapi dengan komunikasi dan sinergi dari semua pemangku kepentingan, Alhamdulillah kendala-kendala itu dapat diatasi. Kami persembahkan IBT Unit 3 ini sebagai kado Hari Listrik Nasional Ke-72,” kata Rosidin.(adi)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *