Logo SitusEnergi
SUN Energy Gandeng CarbonShare Terapkan Bisnis Rendah Karbon SUN Energy Gandeng CarbonShare Terapkan Bisnis Rendah Karbon
Jakarta, situsenergi.com   Sebagai perusahaan pengembang proyek energi surya di Indonesia, SUN Energy membantu upaya para pelanggan untuk mengurangi jejak karbon dari aktivitas operasional... SUN Energy Gandeng CarbonShare Terapkan Bisnis Rendah Karbon

Jakarta, situsenergi.com  

Sebagai perusahaan pengembang proyek energi surya di Indonesia, SUN Energy membantu upaya para pelanggan untuk mengurangi jejak karbon dari aktivitas operasional perusahaan. Perhitungan emisi karbon, penggunaan air, energi listrik dan upaya meminimalisasi emisi gas rumah kaca perusahaan merupakan salah satu upaya mendukung penerapan bisnis ramah lingkungan berbasis Environmental, Social & Governance atau ESG guna mewujudkan konsep bisnis yang berkelanjutan.

Selain mengurangi emisi gas rumah kaca melalui energi terbarukan, SUN Energy juga telah mulai mengkompensasi emisi gas rumah kaca yang tidak dapat dihindarkan, seperti emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari aktivitas perjalanan bisnis seluruh karyawan pada tahun 2023. 

“Seiring dengan komitmen kami terhadap lingkungan, maka kami menginisiasi aksi mitigasi emisi yang tidak dapat kami hindari dengan offsetting, yakni emisi yang dihasilkan dari setiap perjalanan bisnis kami, sepanjang tahun 2023 kami telah mengompensasi karbon sebesar 69 ton CO2 dari perkiraan 700 perjalanan bisnis yang menunjang operasional bisnis, khususnya dalam proses instalasi proyek PLTS Atap kami,” kata Head of Marketing SUN Energy Anggita Pradipta di Jakarta.

Dalam proses carbon offset yang dilakukan, SUN Energy menggandeng CarbonShare sebagai mitra yang akan mendukung SUN Energy dalam mewujudkan operasional rendah karbon melalui layanan perhitungan jejak karbon dan carbon offset.

BACA JUGA   FSPPB: Jangan Cari Alasan Untuk Bagi Porsi Pertamina di Blok Mahakam ke Total-Inpex

Melalui kolaborasi ini, CarbonShare tidak hanya menghitungkan emisi gas rumah kaca dari perjalanan bisnis SUN Energy, namun juga menawarkan certified carbon credits berkualitas tinggi dari proyek perlindungan hutan di Indonesia.

“Kemitraan ini bukan hanya sekadar kerjasama bisnis, tetapi juga sebuah komitmen untuk mengubah paradigma industri menuju praktik yang lebih ramah lingkungan. Bersama-sama dengan SUN Energy, kami tidak hanya berusaha untuk mengetahui berapa jejak karbon SUN Energy dan mereduksi jejak karbon, tetapi kami juga berusaha untuk do our part, dan mensupport proyek-proyek yang telah tervalidasi dan terverifikasi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan komunitas setempat,” papar Faelasufa, CEO Carbonshare.

Melalui kolaborasi yang dijalin, SUN Energy dan CarbonShare berharap bahwa kesadaran akan operasional yang berkelanjutan dapat diimplementasikan oleh para pelaku bisnis, dengan upaya transisi energi rendah karbon dan ditambah dengan opsi carbon offsetting untuk emisi yang tidak dapat direduksi (unabated emission) sebagai langkah nyata kepedulian korporasi terhadap lingkungan sebagai implementasi konsep ESG yang dapat menjadi nilai tambah bagi para pemangku kepentingan.

Tidak hanya itu, pada aspek sosial SUN Energy telah aktif dalam melaksanakan program pengembangan komunitas melalui edukasi serta pengadaan fasilitas sistem PLTS di daerah 3T; serta pelaksanaan tata kelola perusahaan dengan standar ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, dan ISO 45001:2018 dalam rangka menciptakan bisnis yang berkelanjutan.(Ert/SL)

BACA JUGA   Inilah Pokok Kesepakatan Antara Pemerintah dan Freeport Indonesia

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *