Logo SitusEnergi
Pipa Gas Duri-Dumai Dorong Tumbuhnya Industri Pipa Gas Duri-Dumai Dorong Tumbuhnya Industri
Jakarta, situsenergy.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong pertumbuhan industri. Salah satu pendorongnya adalah tersedianya infrastruktur energi, pipa gas. Karena itu,... Pipa Gas Duri-Dumai Dorong Tumbuhnya Industri

Jakarta, situsenergy.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong pertumbuhan industri. Salah satu pendorongnya adalah tersedianya infrastruktur energi, pipa gas.

Karena itu, pemerintah, dalam hal Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Ego Syahrial menegaskan  pipa gas ruas Duri-Dumai, berkat sinergi PT Pertamina – PT PGN, memiliki diameter 24 inch dan panjang sekitar 64 km dengan titik awal tie in di Duri Meter Station pipa Grissik-Duri (PT TGI) dan titik akhir di Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai.

Sumber gas yang dialirkan pada ruas pipa tersebut dari Blok Corriodor (ConocoPhillips), Blok Bentu (EMP), dan Blok Jambi Merang (JOB Pertamina-Talisman).

Pipa Duri-Dumai akan menyalurkan gas untuk Kilang Pertamina Dumai, kebutuhan industri di Riau, kebutuhan pelabuhan, dan industri petrokimia dalam rangka mendorong nilai tambah ekonomi daerah, nasional serta daya saing industri.

Gas yang disalurkan ke Kilang Dumai digunakan untuk konversi bahan bakar dari fuel oil menjadi gas sehingga berpotensi meningkatkan kemampuan produksi kilang, dengan kebutuhan gas sebesar 57 juta standard cubic feet per day (MMSCFD) dan meningkat bertahap hingga 120 MMSCFD.

BACA JUGA   Pemerintah Kaji Tambahan Subsidi Untuk BBM Solar

“Nilai investasi proyek tersebut diperkirakan sebesar US$ 52,2 juta dan menyerap tenaga kerja hingga 400 orang pada masa konstruksi. Proyek ditargetkan selesai paling cepat 11 bulan, sehingga bulan Oktober 2018 diharapkan sudah bisa beroperasi,” kata Ego kepada sejumlah media, di Jakarta, Selasa (14/11).

Sementara itu, Dirut PT PGN (Persero) Tbk, Jobi Triananda Hasjim mengatakan selaku BUMN di sektor gas bumi, PGN siap melaksanakan penugasan yang diamanatkan pemerintah. “Komitmen kami adalah ketepatan waktu penyaluran gas ke konsumen sehingga akan terus mengawal proses pembangunan pipa gas bumi Duri-Dumai,” kata Jobi.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama PT Pertagas, Suko Hartono. Suko menegaskan bahwa proyek ini penting utk menyuplai gas ke kilang RU II Pertamina dan industri di Dumai. “Ini adalah sinergi lintas BUMN (Pertagas, PGN, HK, PDC-Elnusa) yg perlu dicontoh, jadi kami berharap kerjasama ini tidak selesai di pembangunan transmisi namun dilanjutkan untuk pembangunan distribusi,” ujar Suko. (Fyan)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *