Logo SitusEnergy
Permintaan Global Naik, HBA Periode Juli 2021 Jadi Yang Tertinggi Permintaan Global Naik, HBA Periode Juli 2021 Jadi Yang Tertinggi
Jakarta, Situsenergi.com Kementerian ESDM menyatakan Harga Batubara Acuan (HBA) periode Juli mengalami kenaikan sebesar USD15,02 per ton menjadi USD115,35 per ton. Diketahui pada Juni... Permintaan Global Naik, HBA Periode Juli 2021 Jadi Yang Tertinggi

Jakarta, Situsenergi.com

Kementerian ESDM menyatakan Harga Batubara Acuan (HBA) periode Juli mengalami kenaikan sebesar USD15,02 per ton menjadi USD115,35 per ton. Diketahui pada Juni lalu HBA berada di level USD100,33 per ton. Kenaikan ini utamanya dipicu oleh tingginya tingkat konsumsi di negara-negara Asia Timur.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengungkapkan bahwa HBA tersebut menjadi yang tertinggi dalam 10 tahun terakhir sejak November 2011. Dikatakan bahwa konsumsi batubara Tiongkok terus mengalami lonjakan.

“Kapasitas pasokan batubara domestik Tiongkok terus menipis seiring kembalinya geliat aktivitas pembangkit listrik,” jelas Agung dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Dijelaskan Agung bahwa saat ini Tiongkok kewalahan memenuhi kebutuhan batubara dalam negeri akibat terjadinya kendala operasional seperti adanya kecelakaan tambang dan perubahan cuaca berupa hujan yang ekstrim. Selain Tiongkok, sambung Agung, Jepang dan Korea Selatan juga menunjukkan grafis kenaikan serupa.

“Ini berimbas pada kenaikan harga batubara global. Kenaikan ini menjadi yang paling tinggi dalam satu dekade,” tegas Agung.

Ketetapan kenaikan HBA ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No.121.K/HK.02/MEM.B/2021 tentang Harga Mineral Logam Acuan dan Harga Batu Bara Acuan untuk Bulan Juli Tahun 2021 dan ditetapkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 2 Juli 2021. (DIN)

BACA JUGA   KESDM Wujudkan Harga Gas yang Terjangkau

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *