Logo SitusEnergi
Pastikan Mudik Lebaran Aman dan Lancar, Kementrian ESDM Pantau Potensi Bencana Geologi Pastikan Mudik Lebaran Aman dan Lancar, Kementrian ESDM Pantau Potensi Bencana Geologi
Jakarta, situsenergi.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memantau potensi bencana geologi seperti gempa bumi, gunung meletus, dan gerakan tanah. Hal ini sebagai komitmen... Pastikan Mudik Lebaran Aman dan Lancar, Kementrian ESDM Pantau Potensi Bencana Geologi

Jakarta, situsenergi.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memantau potensi bencana geologi seperti gempa bumi, gunung meletus, dan gerakan tanah. Hal ini sebagai komitmen untuk memastikan kelancaran dan keamanan mudik Lebaran 2024.

Kenurut Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Erika Retnowati, pihaknya melalui Posko Nasional Ramadhan dan Idul Fitri 2024 telah membentuk tim tanggap darurat bencana geologi untuk memantau berbagai hal termasuk aktivitas gunung api.

“Kita telah membentuk tim tanggap darurat bencana geologi yang akan merespons dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga 24 jam, meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif,” kata dia dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (03/4).

Sementara Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Hendra Gunawan  mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa upaya antisipasi bencana geologi selama libur Lebaran 2024.

“Pertama, kita melakukan pemantauan terhadap gunung aktif di Indonesia. Ada 5 gunung api dalam level siaga, 17 gunung api pada level waspada, dan 46 gunung api level normal. Aktivitas gunung api ini juga dapat dipantau oleh publik di situs magma.esdm.go.id,” ujarnya.

Kedua, kata dia, memberikan peta sebaran titik rawan gerakan tanah pada jalur jalan di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan Sulawesi kepada pemerintah daerah dan Polda di wilayah terkait.

“Ketiga, membuat peta prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah, dan membuat laporan dan rekomendasi teknis penanggulangan bencana geologi seperti letusan gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah,” tukasnya.

Seperti diketahui, Kementerian ESDM membentuk Posko Nasional ESDM Hari Raya Idul Fitri 2024 bekerja sama dengan sejumlah pemangku kebijakan lain, seperti Korps Lalu Lintas Polri, BMKG, Jasa Marga, dan Pertamina untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran.

BACA JUGA   AKR Sebut Anjloknya Harga Minyak tak Pengaruhi Kinerja

Di sektor energi, BPH Migas, Pertamina, dan badan usaha lain menyiagakan 115 terminal BBM, lebih dari 7400 SPBU, dan 71 DPPU selama periode libur Lebaran 2024.

BPH Migas menyatakan secara umum kondisi ketahanan stok BBM aman, baik gasolin, gas oil, kerosin, maupun avtur dengan ketahanan stok di atas 20 hari.

Di sektor ketenagalistrikan, BPH Migas juga memastikan kondisi pasokan tenaga listrik pada sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan, dan sebagian besar Indonesia timur pada periode libur Lebaran 2024 dalam kondisi aman.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dan PT PLN menyatakan akan meningkatkan kesiagaan semua unit kerja untuk menjaga keandalan dan kualitas pasokan listrik.(Ert/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *