Logo SitusEnergi
LMAN “Sewakan” Kilang LNG Arun ke Cucu Usaha Pertamina LMAN “Sewakan” Kilang LNG Arun ke Cucu Usaha Pertamina
Jakarta, situsenergy.com Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyewakan kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di Arun, Aceh kepada PT Perta Arun Gas (PAG)... LMAN “Sewakan” Kilang LNG Arun ke Cucu Usaha Pertamina

Jakarta, situsenergy.com

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyewakan kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di Arun, Aceh kepada PT Perta Arun Gas (PAG) yang merupakan cucu usaha dari PT Pertamina (Persero).

Penyerahan pengelolaan kilang yang dulu merupakan eks aset Pertamina itu ditandai oleh penandatanganan perjanjian sewa aktiva antara LMAN dengan PAG. Rencananya, kilang yang sempat non aktif sejak Oktober 2014 hingga kini tersebut akan digunakan untuk aktivitas terminal dan fasilitas regasifikasi LNG

Direktur LMAN Rahayu Puspasari mengatakan, masa konsesi PAG atas kilang Arun tercatat 15 tahun dengan potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp50 miliar per tahun. Namun, potensi ini masih bisa berubah sesuai dengan penilaian aset terbaru.

“Karena ini sewa jangka panjang, jadi berapa besaran PNBP-nya nanti sesuai assesment kembali,” jelas Rahayu di Jakarta, Senin (18/12).

Adapun, aset yang disewakan, terdiri dari tangki LNG, jaringan pipa, generator listrik, hingga gedung kantor. Selain kilang di Arun, saat ini LMAN juga mengelola kilang LNG Bontang yang dijalankan oleh PT Badak NGL. “Untuk proyek lain di sektor migas, kami juga mengelola aset-aset hulu migas, tentunya yang sudah tercatat sebagai BMN,” pungkasnya.

BACA JUGA   Kelola Blok Mahakam, Pertamina Dukung Ketahanan Energi Nasional

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan PNBP dari kegiatan Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp38,5 triliun di dalam APBNP 2017. Angka ini kemudian akan meningkat menjadi Rp43,3 triliun di anggaran tahun depan. (SNU)

 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *