Logo SitusEnergy
Kementerian ESDM Bahas Patokan Harga Minyak yang Dibeli Pertamina dari KKKS Kementerian ESDM Bahas Patokan Harga Minyak yang Dibeli Pertamina dari KKKS
Jakarta, Situsenergy.com Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengatakan, Kementerian ESDM tengah membahas harga minyak yang akan dijadikan acuan untuk membeli... Kementerian ESDM Bahas Patokan Harga Minyak yang Dibeli Pertamina dari KKKS

Jakarta, Situsenergy.com

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengatakan, Kementerian ESDM tengah membahas harga minyak yang akan dijadikan acuan untuk membeli minyak hasil produksi KKKS.

“Ini sedang dibicarakan harganya. Masih dihitung dulu,” ujar Arcandra, di Jakarta, Rabu (22/8).

Kementerian ESDM, kata dia, masih mencari harga minyak acuan, yang digunakan Pertamina  untuk membeli minyak bagian Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS).

Menurutnya, harga minyak Indonesia atau ICP(Indonesian Crude Price) yang saat ini jadi acuan harga juga minyak asal Indonesia tidak selamanya lebih murah dari pasar internasional, sehingga pemerintah harus mencari formula harga minyak tepat.

“Ini logika umum itu salah mengatakan ICP selalu lebih rendah. Belum tentu. Tergantung jenisnya. ICP banyak jenisnya, yang mana yang mau dibandingin, ” jelas Arcandra Tahar.

Arcandra menambahak, ide awal pembelian minyak hasil produksi kontraktor bertujuan menghemat jarak tempuh pembelian minyak, sehingga terjadi penghematan dari sisi ongkos angkut.

“Coba, impor dari Nigeria,dibandingkan dengan ambil dari Duri (Riau) mana yang lebih panjang,” katanya.(mul)

BACA JUGA   Dubai Expo Jadi Ajang Tepat Tingkatkan Ekspor Sawit

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *