Logo SitusEnergi
Kementerian ESDM Bagikan 110 Lampu Tenaga Surya di NTB Kementerian ESDM Bagikan 110 Lampu Tenaga Surya di NTB
Jakarta, situsenergy.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan 110 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada warga Desa Sori Tatanga, Kabupaten... Kementerian ESDM Bagikan 110 Lampu Tenaga Surya di NTB

Jakarta, situsenergy.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan 110 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada warga Desa Sori Tatanga, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, LTSHE 110 unit itu terbagi atas dua dusun yaitu Mada Oi sebanyak 40 unit dan Bukit Sari sebanyak 70 unit.

Pembagian LTSHE ini diharapkan dapat memberikan penerangan yang lebih baik bagi warga. Selama ini, warga kedua dusun tersebut hanya memanfaatkan lampu minyak sebagai penerangan di malam hari.

“Pembagian dan pemasangan LTSHE memang diperuntukan untuk daerah daerah yang tidak ada jaringan ketenagalistrikan, minimal masyarakat merasakan terang bisa untuk belajar malam,” kata Dadan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (19/11).

Desa Sori Tatanga terletak di kaki gunung Tambora. Untuk mencapai desa tersebut memakan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan darat dari bandara Bima. Adapun mata pencaharian penduduk bercocok tanam jagung. Sebanyak 110 paket telah semua rampung dipasang pada 18 November kemarin.

BACA JUGA   Pengamat: Pasokan Gas Elpiji 3 Kg di Berbagai Daerah Aman

Kepala Desa Sori Tatanga, M. Tahir Manan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian Pemerintah terhadap warga desa. Dia mengungkapkan selama ini Desa Sari Tatanga banyak ditinggalkan warga karena belum adanya sambungan listrik. “Sekarang warga sangat senang, dan mau kembali kesini,” ujarnya.

Ketersediaan akses listrik di seluruh wilayah Indonesia merupakan kewajiban Pemerintah untuk mewujudkan energi berkeadilan. Salah satu upayanya adalah memberikan LTSHE kepada desa-desa yang tidak masuk jaringan ketenagalistrikan. LTSHE ini sangat cocok untuk rumah pedesaan yang secara geografis dan distrubusi penduduknya tersebar serta sulit dijangkau jaringan PLN.

Program LTSHE periode 2017-2018 diperuntukan untuk sekitar 2.519 desa dengan 256.114 rumah yang masih gelap gulita. LTSHE dipasang di 5 Provinsi di Indonesia dan diharapkan dapat melistriki 80.332 rumah. Sedangkan pada tahun 2018, pemasangan LTSHE direncanakan untuk 15 provinsi dan dapat melistriki 175.782 rumah. Di Nusa Tenggara Barat, jumlah LTSHE yang akan diberikan sebanyak 863 unit. (ert)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *