Logo SitusEnergy
Kemenperin Dorong Percepatan Smelter RI Kemenperin Dorong Percepatan Smelter RI
Jakarta, Situsenergi.com Presiden Jokowi berencana menghentikan ekspor tambang mentah Bauksit dan timah pada pertengahan tahun 2023 guna mempercepat program hilirisasi mineral di Indonesia. Staf... Kemenperin Dorong Percepatan Smelter RI

Jakarta, Situsenergi.com

Presiden Jokowi berencana menghentikan ekspor tambang mentah Bauksit dan timah pada pertengahan tahun 2023 guna mempercepat program hilirisasi mineral di Indonesia.

Staf Khusus Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif mengungkapkan larangan ekspor mineral dimaksudkan untuk mendorong nilai tambah produk mineral. Kemenperin terus berupaya meningkatkan investasi pembangunan smelter yang penting bagi hilirisasi mineral.

“Jadi ini bagian dari program pak Jokowi bahwa tidak lagi mengekspor barang mentah ke luar negeri,” kata dia dalam sebuah wawancara televisi yang disiarkan secara live streaming, dikutip Selasa (17/01/2023).

Dikatakan Febri, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Maka dari itu kekayaan yang dimiliki seperti Nikel, Bauksit maupun produk tambang lainnya harus ditingkatkan nilai tambahnya di dalam negeri.

“Misal saja larangan ekspor bijih Nikel ya, itu pada tahun 2014 itu nilai ekspornya Rp 17 Triliun dan meningkat Rp468 Triliun pada ini setelah ada larangan ekspor bijih Nikel,” kata dia.

Pemerintah tahu saat tengah mendorong peningkatan pabrik pengolahan dan hilirisasi atau pabrik smelter.

Ditambahkan Febri, jika hilirisasi pertambangan ini terwujud dengan baik, maka tenaga kerjapun akan terserap maksimal termasuk nilai tambah dari hilirisasi itu sendiri.

“Jadi, kita sudah menyiapkan produk hilirisasi itu sendiri seperti Nikel, Bauksit dan lainnya,” kata dia.(SA/SL)

BACA JUGA   Batubara Makin Mahal, Indocement Tingkatkan Penggunaan EBT

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *