Logo SitusEnergy
Efisiensi Jadi Solusi Hadapi Peningkatan Biaya Energi Sektor Industri Efisiensi Jadi Solusi Hadapi Peningkatan Biaya Energi Sektor Industri
Jakarta, Situsenergi.com International Energy Agency (IEA) menyoroti perlunya sektor industri untuk melakukan efisiensi penggunaan energi dalam proses produksinya. Ini diperlukan karena sektor industri kini... Efisiensi Jadi Solusi Hadapi Peningkatan Biaya Energi Sektor Industri

Jakarta, Situsenergi.com

International Energy Agency (IEA) menyoroti perlunya sektor industri untuk melakukan efisiensi penggunaan energi dalam proses produksinya. Ini diperlukan karena sektor industri kini dihadapkan pada tantangan  yaitu peningkatan biaya energi dan urgensi perubahan iklim. 

Kevin Lane, Senior Program Manager IAE menyebut bahwa sektor industri merupakan konsumen listrik, gas alam, dan batubara terbesar di dunia. Sektor ini bertanggungjawab terhadap 42 persen total permintaan listrik global, atau setara dengan lebih dari 34 exajoules energi.

Sementara sub sektor industri besi, baja, kimia, dan petrokimia merupakan pengguna energi tertinggi di antara lima negara konsumen energi terbesar di dunia, yaitu China, Amerika Serikat, India, Rusia, dan Jepang. Konsumsi energi tersebut menyebabkan peningkatan beban biaya di tengah kontraksi inflasi dunia saat ini.

Tidak hanya itu, hal ini juga mengakibatkan produksi sembilan gigaton CO2, setara dengan 45 persen total emisi langsung yang dihasilkan sektor pengguna akhir pada tahun 2021, menurut IEA.

“Efisiensi energi adalah solusi terbaik bagi perusahaan dan upaya pengendalian perubahan iklim,” ujar Kevin dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Sebuah laporan terbaru dari the energy efficiency movement menunjukkan peningkatan efisiensi energi pada sektor industri merupakan cara tercepat dan paling efektif untuk memangkas biaya energi dan emisi gas rumah kaca. Dijelaskan bahwa efisiensi energi muncul sebagai peluang terbaik yang fokus pada prospek bisnis jangka pendek terhadap upaya pengurangan emisi. 

“Peningkatan efisiensi energi dapat menekan beban biaya dan tingkat emisi secara substansial dalam jangka pendek hingga menengah, tanpa mengurangi produktivitas,” ulasnya. (DIN/SL)

BACA JUGA   Pemerintah Kaji Aturan Soal Slag Baja dan Nikel Pada  Smelter

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *