Logo SitusEnergi
Bisnis Online Gerus Penjualan Listrik PLN  di Malll Bisnis Online Gerus Penjualan Listrik PLN  di Malll
Jakarta, SitusEnergy.com Peningkatan transaksi belanja secara digital atau biasa dikenal E-Commers, ternyata menyebabkan angka penjualan listrik PLN kepada masyarakat menurun. Mengacu pada data yang... Bisnis Online Gerus Penjualan Listrik PLN  di Malll

Jakarta, SitusEnergy.com

Peningkatan transaksi belanja secara digital atau biasa dikenal E-Commers, ternyata menyebabkan angka penjualan listrik PLN kepada masyarakat menurun.

Mengacu pada data yang dimiliki PLN, penjualan listrik golongan pelanggan bisnis sampai dengan Juni 2017 hanya tumbuh 2,52 persen. Hal itu dipercaya akibat adanya perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Jika sebelumnya toko-toko ritel ramai dikunjungi pelanggan, saat ini justru transaksi secara mobile dianggap lebih praktis.

“Pada perilaku konsumen dalam belanja mulai bergeser ke e-commerce, pakai online, jadi ada beberapa shopping center yang mulai sepi, itu menyebabkan terjadinya penurunan pemakaian listrik untuk pelanggan bisnis,” ujar Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua, PT PLN (Persero) Ahmad Rofiq di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (19/9).

Ahmad mengatakan, penurunan penjualan listrik PLN itu diperkuat oleh survey internal perseroan, termasuk juga melalui kajian yang dilakukaN oleh PT Survey Indonesia sebagai pihak ketiga yang melakukan survey / kajian,

Selain itu, masih data dari PLN, penurunan penjualan listrik untuk pelanggan bisnis, pertumbuhan Impor barang jadi dan setengah jadi hingga Mei 2017 mengalami pertumbuh sebesar 15,6 persen, sehingga industri dalam negeri mengalami tekanan produk dari luar negeri yang mengakibatkan penurunan konsumsi listrik.

BACA JUGA   Sektor ESDM RI Diklaim Tidak Prospektif

“Selain itu beberapa pelanggan industri diketahui juga melakukan migrasi menjadi pelanggan dengan daya yang lebih rendah karena kendala produksi,” pungkasnya, (SNU)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *