Logo SitusEnergy
BI Sebut Kenaikan Harga BBM Picu Inflasi Tinggi BI Sebut Kenaikan Harga BBM Picu Inflasi Tinggi
Jakarta, Situsenergi.com Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada September 2022 akan melambung cukup tinggi seiring dengan keputusan pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM Bersubsidi. Naiknya... BI Sebut Kenaikan Harga BBM Picu Inflasi Tinggi

Jakarta, Situsenergi.com

Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada September 2022 akan melambung cukup tinggi seiring dengan keputusan pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM Bersubsidi. Naiknya harga solar dan pertalite diperkirakan akan memberikan dampak inflasi tambahan sebesar 1,8 – 1,9 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo secara bulanan inflasi pada September 2022 akan menyentuh level 5,89 persen. Kenaikan inflasi yang menjadi dampak dari kebijakan penyesuaian harga BBM tersebut diperkirakan akan berlangsung dalam tiga bulan kedepan.

“Kenaikan inflasi yang tertinggi pada bulan ini karena dampak langsung dari penyesuaian harga BBM dan kenaikan tarif angkutan,” tutur Perry dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/9/2022).

Meski cenderung meningkat diperkirakan inflasi akan melandai setelah tiga bulan dari ketetapan penyesuaian harga BBM. Ditambahkan juga bahwa kenaikan harga BBM ini juga memiliki dampak tidak langsung seperti kenaikan beberapa harga komoditas atau tarif jasa yang mengakibatkan indeka harga konsumen (IHK) juga turut naik.

“Pada akhir tahun ini IHK akan sedikit lebih tinggi dari 6 persen. Dalam konteks seperti ini langkah pengendalian perlu di lakukan baik dari sisi pasokan atau sisi permintaan,” pungkas dia.(DIN/SL)

BACA JUGA   Jangan Terburu Senang Jika Ada Pihak Bisa Jual BBM Lebih Murah Dari Harga Yang Ditetapkan Pemerintah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *