Logo SitusEnergi
2024 Pemerintah Targetkan Alokasi Subsidi Energi Sebesar Rp 186,9 Triliun 2024 Pemerintah Targetkan Alokasi Subsidi Energi Sebesar Rp 186,9 Triliun
Jakarta, Situsenergi.com Pemerintah mempertimbangkan akan tetap mempertahankan subsidi energi untuk menjaga daya beli masyarakat. Terkait hal ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)... 2024 Pemerintah Targetkan Alokasi Subsidi Energi Sebesar Rp 186,9 Triliun

Jakarta, Situsenergi.com

Pemerintah mempertimbangkan akan tetap mempertahankan subsidi energi untuk menjaga daya beli masyarakat. Terkait hal ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan alokasi subsidi energi pada 2024 sebesar Rp 186,9 triliun. Jumlah tersebut terdiri atas subsidi BBM dan elpiji Rp 113,3 triliun serta listrik Rp 73,6 triliun.

“Untuk dalam negeri kita harus menyiapkan paket subsidi energi untuk para masyarakat, subsidi energi ini tetap dipertahankan,” kata Arifin.

Menurut dia, pada 2023 realisasi subsidi energi mencapai Rp 159,6 triliun terdiri atas subsidi BBM dan elpiji sebesar Rp 95,6 triliun serta subsidi listrik sebesar Rp 64 triliun atau lebih tinggi dari target sebesar Rp 145,3 triliun terdiri atas subsidi BBM dan elpiji Rp 74,8 triliun sedangkan subsidi listrik Rp 70,5 triliun.

“Kami menekankan pentingnya upaya bersama dalam mengoptimalkan kebijakan subsidi, dengan fokus pada penerimaan positif dari masyarakat dan efisiensi alokasi demi mencapai target subsidi yang lebih optimal,” tukasnya.

“Menurutnya, harus ada upaya-upaya bagi semua, terutama kebijakan-kebijakan pemerintah agar bisa mengoptimalkan subsidi ini diterima dengan baik oleh masyarakat
Selain itu juga harus lebih efisien, sehingga bisa dioptimalkan agar alokasi subsidi ini tidak sebesar yang ditargetkan.

BACA JUGA   Satgas Pangan Polri Kawal Pendistribusian BBM

“Kita juga berharap ada perubahan-perubahan keadaan global yang bisa memberikan dampak positif untuk penghematan subsidi energi di dalam negeri,” pungkasnya.(Ert/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *