Logo SitusEnergi
2018 Saka Energi Indonesia Rencanakan Bor 8 Sumur Migas 2018 Saka Energi Indonesia Rencanakan Bor 8 Sumur Migas
Jakarta, situsenergy.com Salah satu anak perusahaan kebanggaan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk yakni, PT Saka Energi Indonesia, akan mengebor delapan sumur di sepanjang... 2018 Saka Energi Indonesia Rencanakan Bor 8 Sumur Migas

Jakarta, situsenergy.com

Salah satu anak perusahaan kebanggaan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk yakni, PT Saka Energi Indonesia, akan mengebor delapan sumur di sepanjang tahun 2018.

Direktur Utama Saka Energi, Tumbur Parlindungan, mengungkapkan,  pengeboran tersebut dilakukan di tiga wilayah, yaitu di Blok Pangkah dengan jumlah enam sumur yang dibor terdiri dari satu sumur eksplorasi dan lima sumur  pengembangan. Dua sumur lainnya merupakan pengeboran sumur eksplorasi.

“Untuk yang lainnya masing-masing satu sumur eksplorasi di South Sesulu dan Wokam,” kata Pria Batak yang kini tercatat sebagai IPA Board of Directors, di Jakarta, belum lama ini.

Tumbur menegaskan, efisiensi tetap dilakukan dalam kegiatan pengeboran, meskipun harga minyak saat ini menunjukkan tren peningkatan. Untuk satu sumur, Saka hanya akan menggelontorkan dana maksimal sebesar US$ 20 juta.

“Kami ngebor harusnya di bawah US$10 juta tapi sekarang paling tidak sekitar US$ 10 juta – US$ 20 juta,” katanya.

Menurtnya, Saka  tahun ini menargetkan produksi rata-rata migas mencapai 57 ribu barel oil equivalen per day (BOEPD)  dengan presentasi produksi gas lebih besar atau sekitar  60% sementara 40% merupakan minyak.

BACA JUGA   SKK Migas Apresiasi PHE Berhasil Survey Seismik 2D Terpanjang di Asia Pasifik

Dengan rangkaian kegiatan pengembangan ini, kata dia, Saka juga menargetkan peningkatan produksi setiap tahun. Apalagi terdapat penambahan kontribusi produksi dari Blok Jangkrik. Pada blok tersebut Saka memiliki hak partisipasi sebesar 11,67%. “Proyeksi peningkatan produksi tahun depan 5%-10% saja,” kata Tumbur.

Untuk Blok South Sesulu, Tumbur menambahkan, Saka saat ini masih berupaya untuk mencari partner pengelolaan.

Dengan menggandeng mitra maka risiko usaha pun menjadi lebih rendah. Blok eksplorasi tersebut saat ini dikuasai sepenuhnya oleh PT Saka Indonesia Sesulu.

Tak tanggung-tanggung, sampai sejauh ini sudah ada dua sumur eksplorasi yang dibor dari tiga sumur yang ditargetkan. Hasil menggembirakan yang ditunjukkan dari kedua sumur.

Disamping itu, Saka segera melanjutkan pengeboran satu sumur lagi sekaligus menuntaskan komitmen pengeboran sesuai dengan kontrak yang disepakati dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas).

Saka akan mengejar komitmen pengeboran eksplorasi di South Sesulu untuk kemudian bisa segera mengajukan PoD.

“Kan, masih ada tiga sumur – satu sumur ditambah dua sumur. Satu sumur komitmen, dua sumur itu working komitmen. Jadi, tinggal satu lagi… di tahun depan awal, habis itu PoD,” pungkasnya.(mul)

BACA JUGA   Terapkan B50 Pada Solar Bersubsidi

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *