Logo SitusEnergi
Ini Loh, Bensin Premium Hanya Digunakan 7 Negara Saja Ini Loh, Bensin Premium Hanya Digunakan 7 Negara Saja
Jakarta, situsenergi.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut secara serius memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah... Ini Loh, Bensin Premium Hanya Digunakan 7 Negara Saja

Jakarta, situsenergi.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut secara serius memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang ramah lingkungan, salah satunya menjadikan BBM RON 90 yang ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi dimana Premium (RON 88) akan digantikan dengan Pertalite (RON 90), sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih kepada wartawan, dikutip Rabu (22/12/2021).

Dikatakannya, bensin Premium RON 88, saat ini hanya digunakan oleh tujuh negara saja. Volume yang digunakan pun sangat kecil. Kesadaran masyarakat menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik, menjadi salah satu penyebabnya.

Soerja mengungkapkan, pemerintah tengah menyusun roadmap BBM ramah lingkungan di mana nantinya Pertalite juga akan digantikan dengan BBM yang kualitasnya lebih baik.

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” katanya.

Proses shifting Pertalite ke Pertamax ini juga menjadi salah satu bahasan ESDM agar peralihan ini tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

BACA JUGA   Emisi Batubara Harus Segera Dikurangi, Ini Penjelasannya

“Sehingga kita juga mencermati volume Pertalite yang harus disediakan untuk masyarakat,” tambah Soerja.

Perubahan dari Premium ke Pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%, untuk selanjutnya dengan perubahan ke Pertamax akan menurunkan kembali emisi CO2 sebesar 27%. (SA/rif)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *