Logo SitusEnergy
Eropa Krisis Energi, Peluang PTBA Tingkatkan Ekspor Batubara Eropa Krisis Energi, Peluang PTBA Tingkatkan Ekspor Batubara
Jakarta, Situsenergi.com PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tengah menjajaki pasar ekspor batubara ke negara Eropa. Penjajakan ini dilakukan demi memperluas pangsa pasar yang selama... Eropa Krisis Energi, Peluang PTBA Tingkatkan Ekspor Batubara

Jakarta, Situsenergi.com

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tengah menjajaki pasar ekspor batubara ke negara Eropa. Penjajakan ini dilakukan demi memperluas pangsa pasar yang selama ini didominasi untuk negara-negara di kawasan Asia.

Direktur PTBA, Rafli Yandra menjelaskan bahwa pada Maret dan Juli lalu, perseroan telah memasok batubara ke Italia. Tercatat pada Maret 2022 total ekspor batubara mencapai 71.500 ton. Kemudian pada Juli 2022 bertambah menjadi 75.500 ton. 

“Untuk negara Eropa lainnya yaitu ke negara Jerman dan Polandia. Kita sedang apparoch untuk melakukan penetrasi ke negara tersebut supaya harganya bisa lebih baik lagi,” kata Rafli dalam keterangannya, Selasa (13/9/2022).

Dijelaskan perlunya PTBA membidik pasar Eropa lantaran saat ini Eropa terancam krisis energi akibat imbas dari perang Rusia dan Ukraina. Dengan tersendatnya pasokan energi Rusia ke Eropa memicu kekhawatiran publik Eropa di tengah musim dingin yang terjadi.

Dengan membidik pasar baru ekspor batubara, diharapkan kedepan akan mendorong perbaikan kinerja perseroan. Meski akan menambah porsi ekspor ke luar negeri, PTBA memastikan prioritas utama adalah pemenuhan pasokan batubara di dalam negeri terlebih dahulu.

BACA JUGA   Batubara Kembali Cetak Rekor, Ini Kata Ekonom

“Pada tahun 2023, PTBA tetap akan memprioritaskan kebutuhan dalam negeri sebagai komitmen kami untuk ketahanan energi nasional namun tentu saja kita juga akan optimalkan pasar ekspornya sesuai dengan kondisi pasar. Tapi angka pasti masih tahap finalisasi,” tukasnya. (DIN/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *