Logo SitusEnergi
Wujudkan Perusahaan Kelas Dunia Berbasis Lingkungan, PTBA Lanjutkan Program Tahun Lalu Wujudkan Perusahaan Kelas Dunia Berbasis Lingkungan, PTBA Lanjutkan Program Tahun Lalu
Jakarta, situsenergi.com PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bakal melanjutkan transformasi bisnis demi mewujudkan visi perusahaan menjadi entitas usaha energi kelas dunia yang peduli lingkungan.... Wujudkan Perusahaan Kelas Dunia Berbasis Lingkungan, PTBA Lanjutkan Program Tahun Lalu

Jakarta, situsenergi.com

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bakal melanjutkan transformasi bisnis demi mewujudkan visi perusahaan menjadi entitas usaha energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

Direktur Pengembangan Usaha PTBA, Rafli Yandra mengatakan tahun ini perseroan akan melanjutkan kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong peningkatan nilai tambah batubara serta pengembangan teknologi di bidang energi baru dan terbarukan (EBT).

Kerjasama ini sebelumnya telah dilakukan PTBA di tahun 2023 dengan Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN) dan berbagai perguruan tinggi. Terobosan ini diperlukan untuk mencapai visi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

“Kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk menyukseskan transformasi PT Bukit Asam Tbk. Kami berharap kerja sama dengan berbagai pihak bisa melahirkan inovasi yang menciptakan bisnis berkelanjutan,” kata Rafli dalam keterangannya, Jumat (12/1/2024).

Proyek-proyek strategis juga terus dijalankan perseroan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel-8 (2×621,72 MW) yang mulai Efektif mulai 7 Oktober 2023 berstatus Commercial Operation Date (COD) alias beroperasi secara komersial.

“Pembangkit ini menerapkan teknologi Supercritical Steam Generator yang efisien dan ramah lingkungan, juga teknologi Flue Gas Desulfurization (FGD) untuk menekan emisi gas buang,” ulasnya.

Selain itu, PTBA dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI juga menyepakati kerjasama pengembangan angkutan batubara relasi Tanjung Enim Baru – Keramasan yang dimulai pada 12 Oktober 2023 lalu. Proyek ini akan meningkatkan kapasitas angkutan batubara PTBA hingga 20 juta ton per tahun.

BACA JUGA   Aspebindo: Indonesia Harus Bersiap siap Kena Imbas Krisis Energi Dunia

Dalam kerja sama tersebut, sarana dan prasarana untuk moda transportasi angkutan kereta disiapkan oleh PT KAI, sementara untuk fasilitas dermaga di Keramasan dibangun PT Kereta Api Logistik (Kalog). Sedangkan PTBA membangun fasilitas penanganan batu bara (coal handling facility). Groundbreaking fasilitas penanganan batu bara telah dilakukan PTBA pada 30 Desember 2023.

“Berbagai langkah untuk mendorong inovasi dan pengembangan di tahun 2023 akan terus kami lanjutkan di tahun ini. PTBA berkomitmen untuk terus berkontribusi pada ketahanan energi, pembangunan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (DIN/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *