Logo SitusEnergy
WKP Ulubelu Lampung Bakal Kembangkan Green Hidrogen Akhir Tahun ini WKP Ulubelu Lampung Bakal Kembangkan Green Hidrogen Akhir Tahun ini
Jakarta, situsenergi.com PT Pertamina (Persero) melalui salah satu anak usahanya, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) memastikan pengembangan green hydrogen atau hidrogen hijau akan dieksekusi... WKP Ulubelu Lampung Bakal Kembangkan Green Hidrogen Akhir Tahun ini

Jakarta, situsenergi.com

PT Pertamina (Persero) melalui salah satu anak usahanya, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) memastikan pengembangan green hydrogen atau hidrogen hijau akan dieksekusi di akhir tahun 2021 ini.

“Akhir tahun ini (direalisasikan untuk pengembangan hidogren hijau),” kata Komisaris Utama PGE, Sarman Simanjorang saat dihubungi, Minggu (11/07/2021).

Dikatakan Sarman, pengembangan hidrogen hijau tersebut tahap awal direncanakan diimplementasikan di wilayah kerja panas bumi (WKP) eksisting milik perusahaan, salah satunya WKP Ulubelu Provinsi Lampung. “Rencananya di Ulubelu Lampung,” jelas Sarman lebih lanjut.

Sebelumnya, rencana pengembangan hidogren hijau juga sempat disampaikan oleh managemen PGE. Untuk merealisasikan target tersebut, PGE membutuhkan investasi awal sekitar US$ 5 juta atau Rp 71,8 miliar (US$ 1=Rp 14.355).

Estimasi biaya investasi tersebut baru dari sisi hulu. Dengan perhitungan produksi hidrogen hijau mencapai 100 kg per hari.

Rencana pengembangan sumber energi bersih hidrogen sebelumnya juga diungkapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai upaya menggenjot transisi energi dari bahan bakar fosil ke sumber energi baru yang ramah lingkungan.

BACA JUGA   Akibat Gejolak Harga, Unit Bisnis Oil & Gas Bakrie Grup Bakal Diperkecil

Meski dari sisi keekonomian biaya produksi hidrogen hijau masih terbilang mahal dibandingkan jenis hidrogen lainnya. Namun, biaya produksi hidrogen hijau akan murah seiring dengan berkembangnya teknologi. Apalagi potensi pasar untuk hidrogen hijau di seluruh dunia terbilang cukup besar. Mengingat semua negara mulai fokus pada upaya pengurangan emisi gas rumah kaca.(SA)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *