Logo SitusEnergi
Wamen ESDM: Harga Gas Industri Pupuk di Aljazair Tak Semurah yang Dibayangkan Wamen ESDM: Harga Gas Industri Pupuk di Aljazair Tak Semurah yang Dibayangkan
Jakarta, situsenergy.com Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan, harga gas untuk industri di negara Aljazair tidak seperti diharapkan kalangan industri di dalam negeri... Wamen ESDM: Harga Gas Industri Pupuk di Aljazair Tak Semurah yang Dibayangkan

Jakarta, situsenergy.com

Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan, harga gas untuk industri di negara Aljazair tidak seperti diharapkan kalangan industri di dalam negeri diantaranya pabrik Pupuk Indonesia yang berkeinginan akan membuka pabrik di negara tersebut karena harga jual gas bumi sebesar US$ 1 dollar per MMBTU.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, ketika melakukan lawatannya ke tiga negara berbeda yakni, Paris, Houston Amerika Serikat dan Aljazair beberapa waktu lalu, diakuinya harga jual gas bumi di Algeria memang US$ 1 dollar / MMBTU, akan tetapi harga tersebut hanya untuk kepentingan domestik.

Sedangkan harga jual gas bumi untuk kepentingan non domestik atau skala ekspor, harga yang ditetapkan cukup bersaing dengan negara – negara lain seperti Indonesia. Atas dasar itu juga, Kementrian ESDM merekomendasikan kepada industri pupuk nasional, untuk mengevaluasi ulang atas rencana ekspansi mereka.

“Jadi kalo menurut hemat saya kapasitas untuk membuka pabrik pupuk di sana kecil kemungkinanmya, ini berdasarkan apa yang saya pertanyakan ketika bertemu, dan harga gasnya kemungkinan untuk ekspor, kalo lah ada kapasitasnya kemungkinan besar harga gasnya bukan 1 dollar. Ini perlu disampaikan bahwa harga gas 1 dollar di Aljir hanya untuk domestiknya saja,” papar Wamen ESDM dalam jumpa persnya, di Jakarta (13/3).

BACA JUGA   Pertamina Tambah Lokasi BBM Satu Harga di Sumbagut

Dia menambahkan, saat ini penjualan gas bumi di Aljazair telah disalurkan ke beberapa negara diantaranya negara Uni Eropa melalui sambungan pipanisasi dengan harga yang ditetapkan lebih dari US$ 1 dollar per MMBTU.(AY)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *