Logo SitusEnergi
Turun Langsung, Dirut Pertamina Pastikan Kilang Balongan Aman Turun Langsung, Dirut Pertamina Pastikan Kilang Balongan Aman
Jakarta, Situsenergi.com Untuk melihat secara langsung dampak insiden kebakaran yang melanda tanki T-301 di Area Kilang Balongan, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati... Turun Langsung, Dirut Pertamina Pastikan Kilang Balongan Aman

Jakarta, Situsenergi.com

Untuk melihat secara langsung dampak insiden kebakaran yang melanda tanki T-301 di Area Kilang Balongan, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati langsung menuju ke lapangan usai menggelar Konferensi Pers di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Senin (29/03/2021).

Kunjungan tersebut juga untuk melihat secara langsung dampak insiden terhadap operasi, penanganan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar area kilang, serta memastikan pasokan BBM aman.

Memirut Nicke, insiden tersebut terjadi di area tanki penyimpanan BBM. Lokasi yang terdampak sekitar 2 hektar dari total 180 hektar area Kilang Balongan.

“Kalau dilihat tadi, kita keliling di lapangan. Area lain aman, dan hingga sore ini api sudah mulai mengecil,” ungkap Nicke.

Ia menambahkan, dari 72 tanki di area kilang dengan total kapasitas 1,35 juta Kilo Liter (KL), ada 4 tanki yang terdampak atas insiden tersebut dengan kapasitas 100 ribu KL atau sekitar 7% dari total kapasitas penyimpanan di kilang Balongan.

“Kita akan lakukan upaya dengan extra effort untuk segera memadamkan api,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pertamina terus mengupayakan pemadaman api di area terdampak dengan memompa air laut untuk memadamkan total titik api. Untuk memompa air laut, Pertamina mendatangkan bantuan pompa submersible dari RU IV Cilacap.

BACA JUGA   Pengetatan Pasokan Bikin Harga Minyak Melambung

“Ketika nanti api sudah bisa dipadamkan kita baru dapat melakukan start up untuk mengoperasikan kilang. Tentu kita harus pastikan semuanya aman,” tambahnya.

Menjawab kabar yang beredar di masyarakat terkait penyebab insiden, Nicke meminta kepada semua pihak untuk menunggu hasil investigasi Pertamina dengan melibatkan aparat yang telah melihat langsung ke lokasi. Pertamina juga mengumpulkan semua informasi, baik internal maupun dari masyarakat untuk menjadi bahan investigasi.

“Saat ini, Pertamina masih fokus untuk penanganan dan dampak insiden. Dan kita pastikan masyarakat aman,” pungkasnya.

Buka Pos Kesehatan
Sebelumnya Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan, saat ini Pertamina sudah membuka Posko Layanan Kesehatan bagi pengungsi terdampak insiden Balongan yang berlokasi di Gedung Olah Raga (GOR) dan Lapangan Fustal Bumi Patra.

Tim medis yang diterjunkan merupakan gabungan dari Medical RU VI Balongan, Rumah Sakit Pertamina Balongan dan RSP Klayan Cirebon dengan pengaturan 1 Dokter setiap shift dan 4 Perawat stby 24 jam. Turut disiagakan satu unit ambulans.

Dari keseluruhan warga yang terdampak, sebanyak 6 orang dirujuk ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) untuk memperoleh perawatan lanjutan. Saat ini, pasien sedang ditangani oleh dokter-dokter ahli terbaik di RSPP. Adapun untuk keluarga pasien, juga telah mendapatkan tempat khusus selama anggota keluarga dalam perawatan.

BACA JUGA   Menkeu: Pemberian Bansos Sebagai Bentuk Pengalihan Subsidi BBM

“Salah satu langkah yang paling utama adalah memastikan penanganan pasien dampak insiden berjalan dengan baik. RSPP merupakan RS Rujukan terbaik bagi luka bakar yang dimiliki Pertamina saat ini,” ujarnya.

Sementara Direktur RSPP, Dr Syamsul Bahri menuturkan RSPP memiliki tim khusus untuk penanganan luka bakar yang akan melakukan penanganan medis berdasarkan SOP yang tepat.

Untuk memastikan penanganan media bagi warga lainnya, Tim RSPP juga telah berkomunikasi dan koordinasi secara intensif dengan dua Rumah Sakit Pertamina di Cirebon dan Balongan.

“Kami akan mengupayakan perawatan terbaik untuk pasien dan mendapatkan penanganan yang tepat di masa-masa kritikal pada pasca kejadian, agar tidak jatuh pada keparahan yang lebih lanjut, sebelum pasien dirujuk ke RSPP,” tutup Syamsul.(ERT/RIF)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *