Logo SitusEnergi
Terkait Adanya Mitra Baru di Pengembangan Blok Masela, Begini Kata SKK Migas Terkait Adanya Mitra Baru di Pengembangan Blok Masela, Begini Kata SKK Migas
Jakarta, Situsenergi.com Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) buka suara terkait adanya mitra baru dalam pengembangan Blok... Terkait Adanya Mitra Baru di Pengembangan Blok Masela, Begini Kata SKK Migas

Jakarta, Situsenergi.com

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) buka suara terkait adanya mitra baru dalam pengembangan Blok Masela.

“Sejauh ini belum ada informasi yang resmi tapi seluruh anggota konsorsium ini barangkali teknikal support, teknikal support akan menggandeng pihak lain yang memiliki pengalaman proyek atau menggunakan rely on pihak ketiga. Tapi sejauh ini kita belum mendapakan informasi tertulis, kita lihat saja perkembangannya,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dikutip di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Menurut Dwi, hingga saat ini semua skenario pengembangan Blok Masela masih mengarah pada rencana pengembangan atau plan of development (PoD) di 2019.

“Sampai saat ini kami masih concern dan dari Inpex tidak ada perubahan skenario kecuali masuknya teknologi carbon capture and storage (CCS),” imbuhnya.

Dijelaskan Dwi, meski sudah ada audit dari Pertamina, Inpex tetap memiliki kewajiban untuk melakukan introduction dan technical workshop terkait aspek-aspek teknis Blok Abadi Masela kepada Holding BUMN minyak dan gas (migas) tersebut. Rencananya, kegiatan itu akan dilaksanakan pada akhir Juli dan awal Agustus 2023.

“Dari sana, akan lebih jelas bagaimana kompromi dari semua yang terlibat pemegang PI di sana mana yang the best. So far sejauh ini masih mengarah ke skenario terakhir yang 2019 bahwa LNG nya on shore kapasitas 9,5 juta ton pertahun dengan pipa gas 110 MMSCFD plus carbon capture and storage,” tukasnya.

Sebelumnya, Dwi juga menyebutkan bahwa proses penandatangan perjanjian pengalihan hak partisipasi Blok Masela ini akan dilakukan pada Juli 2023.

BACA JUGA   Pertamina dan Kementerian BUMN Sediakan 1.000 Paket Sembako Murah di Kampar

“Ya itu sudah deal sehingga sekarang sedang menyusun SPA ya, perjanjian jual beli dan direncanakan Juli ini sudah bisa tanda tangan untuk SPA-nya,” tutupnya.(Ert/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *