Logo SitusEnergi
Suplai Listrik Rendah Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Melambat Suplai Listrik Rendah Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Melambat

Suplai Listrik Rendah Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Melambat

ENERGI September 15, 2017 Editor SitusEnergi 0

pembangkit listrik1 pembangkit listrik abadi1 pembangkit listrik adalah1 pembangkit listrik air1 pembangkit listrik air laut1 pembangkit listrik alternatif1 pembangkit listrik alternatif sederhana1 pembangkit listrik angin1 pembangkit listrik angin sederhana1 pembangkit listrik arus laut1 pembangkit listrik bahasa inggris1 pembangkit listrik bakaru1 pembangkit listrik bali1 pembangkit listrik banyuwangi1 pembangkit listrik batang1 pembangkit listrik batubara1 pembangkit listrik biogas1 pembangkit listrik biomassa1 pembangkit listrik buatan sendiri1 pembangkit listrik dari dinamo1 pembangkit listrik dari energi matahari disebut1 pembangkit listrik dari kipas cpu1 pembangkit listrik dari magnet1 pembangkit listrik dari pohon1 pembangkit listrik dari sampah1 pembangkit listrik dengan magnet1 pembangkit listrik di bali1 pembangkit listrik di indonesia1 pembangkit listrik di indonesia sebagian besar digerakkan oleh tenaga1 pembangkit listrik di jawa tengah1 pembangkit listrik di papua1 pembangkit listrik dinamo1 pembangkit listrik dinamo tamiya1 pembangkit listrik energi air1 pembangkit listrik energi angin1 pembangkit listrik energi biogas1 pembangkit listrik energi biomassa1 pembangkit listrik energi nuklir membutuhkan persiapan yang matang terutama1 pembangkit listrik energi panas bumi1 pembangkit listrik energi sederhana1 pembangkit listrik energi surya1 pembangkit listrik energi terbarukan1 pembangkit listrik free energi1 pembangkit listrik gas1 pembangkit listrik gelombang laut1 pembangkit listrik generator1 pembangkit listrik geothermal1 pembangkit listrik geothermal di indonesia1 pembangkit listrik geothermal memanfaatkan energi yang berasal dari1 pembangkit listrik gorontalo1 pembangkit listrik gratis1 pembangkit listrik gravitasi1 pembangkit listrik hampa1 pembangkit listrik hidro1 pembangkit listrik hidrogen1 pembangkit listrik hybrid1 pembangkit listrik indonesia1 pembangkit listrik mikrohidro1 pembangkit listrik mikrohidro sederhana1 pembangkit listrik mini hydro1 pembangkit listrik sederhana1 pembangkit listrik tanpa bbm1 pembangkit listrik tenaga angin1 pembangkit listrik tenaga angin di indonesia1 pembangkit listrik tenaga angin sederhana1 pembangkit listrik tenaga angin sederhana menggunakan dinamo1 pembangkit listrik tenaga angin tidak menimbulkan1 pembangkit listrik tenaga fusi1 pembangkit listrik tenaga hampa1 pembangkit listrik tenaga hampa bohong1 pembangkit listrik tenaga hibrid1 pembangkit listrik tenaga hybrid1 pembangkit listrik tenaga magnet1 pembangkit listrik tenaga ombak1 pembangkit listrik tenaga panas bumi1 pembangkit listrik tenaga sampah2 pembangkit listrik tenaga surya2 pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah1 pembangkit listrik terbesar di indonesia1 plta8 pltd2 pltn9 PLTU34
Jakarta, situsenergy.com Rendahnya kemampuan suplai listrik akibat infrastruktur/pembangkit listrik yang sangat kurang, menjadi salah satu penyebab mengapa ekonomi Indonesia tidak pernah tumbuh tinggi, apalagi... Suplai Listrik Rendah Penyebab Pertumbuhan Ekonomi Melambat

Jakarta, situsenergy.com
Rendahnya kemampuan suplai listrik akibat infrastruktur/pembangkit listrik yang sangat kurang, menjadi salah satu penyebab mengapa ekonomi Indonesia tidak pernah tumbuh tinggi, apalagi tumbuh dengan double digit.
Hal ini ditegaskan Anggota Komisi VII DPR RI, Kurtubi dalam pesan singkatnya yang diterima Situsenergy.com di Jakarta, Jumat (15/9). “Ini yang menjadi penyebab mengapa ekonomi Indonesia tidak pernah beranjak tinggi,” katanya.
Menurut Kurtubi, hal ini yang menjadi salah satu masalah besar yang menghambat percepatan kemakmuran bangsa dengan penduduk 250 juta ini. “Saat ini infrastruktur listrik kita sangat kurang dan itu yang membuat kemampuan suplai listrik kita di beberapa daerah sangat rendah,” ujarnya.
Ia mengatakan, akibat hal itu pertumbuhan ekonomi negara yang sudah 72 tahun merdeka ini hanya berkisar di angka 4% – 7%, tapi lebih banyak di sekitar 5%. “Akan sulit bagi kita untuk menjadi negara maju jika ekonomi tidak pernah tumbuh tinggi (double digit) seperti di China misalnya atau seperti yang pernah dialami di negara-negara yang kini termasuk negara maju,” ketusnya.
Ia membandingkan China dengan penduduk sekitar 6x penduduk Indonesia tapi memiliki total pembangkit listrik 1.600.000 MW. “Ini sama dengan 28 x total pembangkit listrik kita saat ini yang hanya sekitar 65.000 MW,” tukasnya.
Menurut anggota Fraksi Partai Nasdem yang dulu lebih dikenal sebagai pengamat migas, hal ini yang memotivasi dirinya mendorong untuk melipatgandakan kemampuan supply listrik nasional, dengan berusaha untuk melipatgandakan jumlah atau kapasitas pembangkit listrik nasional, terutama listrik dari energi baru (baca: nuklir) yang hingga kini masih belum juga mulai dibangun meski Bung Karno sejak tahun 1950an sudah mencita-citakannya. “Saya juga mendorong listrik dari energi terbarukan seperti geothermal, surya, angin, biomas, hydro, arus laut,” tukasnya.
Mantan pengajar ekonomi energi pada program Pasca Sarjana FEUI Jakarta ini mengatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) bisa dalam kapasitas besar, listriknya juga stabil dan bersih, sedangkan PLTU batubara juga bisa berkapasitas besar dengan listrik yang juga stabil tapi kurang bersih karena menghasilkan debu juga. “Kalau untuk PLT Surya, angin, biomas, mikro hydro, listriknya juga bersih tapi tidak stabil dan kapasitasnya kecil-kecil,” ujarnya.
“Sedangkan PLT Geothermal listriknya stabil dan bersih dengan kapasitas sedang dan potensinya sangat besar (sekitar 27.000 MW) tapi saat baru sekitar 5% yang dikembangkan termasuk yang ada di NTB (Nusa Tenggara Barat).(adi)

BACA JUGA   SKK Migas Kasih Kesempatan UKM Terlibat Industri Migas

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *