Logo SitusEnergi
Rini: Rencana Joint Venture Pertamina dan Inalum Sudah Lama Rini: Rencana Joint Venture Pertamina dan Inalum Sudah Lama
Jakarta, situsenergy.com Menteri BUMN Rini Soemarno,  mengatakan,  pembentukan perusahaan patungan (joint venture) PT Pertamina (Persero) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) memang telah direncankan... Rini: Rencana Joint Venture Pertamina dan Inalum Sudah Lama

Jakarta, situsenergy.com

Menteri BUMN Rini Soemarno,  mengatakan,  pembentukan perusahaan patungan (joint venture) PT Pertamina (Persero) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) memang telah direncankan sejak lama

Rini Soemarno, mengatakan hal itu di Kementerian BUMN, Jumat (29/9). Perusahaan patungan ini, nantinya akan menghasilkan produk Calcined Coke (CPC).

“Sebenarnya pembentukan perusahaan patungan ini sudah direncanakan sejak lama, tapi sampai saat ini belum terwujud,” katanya.

Menurut Rini Soemarno, rencana itu sudah tiga tahun yang lalu. “Tapi, sayangnya ini enggak kelar-kelar juga,” imbuhnya.

Rini Soemarno menyatakan,  molornya rencana joint venture tersebut membuatnya kurang nyaman. “Sampai pernah saya kepikiran, kalau perlu saya tongkrongin Pertamina. Jadi, nanti sore kita tuntaskan pembuatan usaha patungan,” katanya.

Rini menuturkan, nantinya Pertamina menjadi pemilik saham mayoritas di perusahaan patungan ini dengan porsi kepemilikan sebesar 75 persen, sementara Inalum hanya 25 persen.

Pertamina dan Inalum akan, kata Rini Soemarno,  menyelesaikan rencana yang sudah lama ini, hingga dilanjutkan dengan konstruksi proyek.

“Mengapa sinergi ini sangat penting? Tujuannya untuk mempercepat investasi yang ada di Pertamina dan Inalum,” katanya

BACA JUGA   Harga Minyak Lagi-Lagi Drop, Faktor Penguncian Akibat Virus Corona Jadi Penyebab

Menurut rencana  pabrik yang akan memproduk  CPC dibangun di Dumai, Riau. CPC merupakan salah satu komponen pendukung dalam proses pengolahan smelter, dan diperkirakan membutuhkan dana investasi sebesar US$ 30 juta untuk membangun pabrik tersebut. (mul)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *