Logo SitusEnergy
Premi Asuransi Rendah, Dukung Sektor Hulu Migas Bangkit Premi Asuransi Rendah, Dukung Sektor Hulu Migas Bangkit
Jakarta, Situsenergi.com Asuransi memiliki peran yang sangat penting bagi sektor hulu migas, untuk menekan potensi kerugian dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), dimana sektor... Premi Asuransi Rendah, Dukung Sektor Hulu Migas Bangkit

Jakarta, Situsenergi.com

Asuransi memiliki peran yang sangat penting bagi sektor hulu migas, untuk menekan potensi kerugian dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), dimana sektor hulu migas memiliki risiko yang sangat tinggi, dan juga melibatkan modal yang sangat besar

Deputi Keuangan dan Monetisasi Satuan Kerja Khusus Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Arief Setiawan Handoko mengatakan, peran asuransi di sektor hulu migas kedeoan akan sangat penting, sehubungan dengan pencapaian target 1 juta BOEPD dan 12 miliar gas kaki kubik di 2030.

“Keterlibatan asuransi cukup besar, bahkan sejak masa BP migas. Asuransi terbukti mampu menyelesaikan klaim-klaim dan mampu mengurangi kerugian yang diderita KKKS,” ujar Arief dalam webinar ‘Peran Asuransi dalam Menunjang Sektor Hulu Migas’ yang diselenggarakan Energy Watch, Rabu (14/7/2021).

SKK Migas, kata Arief, berhasil melakukan negosiasi dengan konsorsium asuransi hulu migas, dalam rangka menekan besaran premi asuransi serendah-rendahnya, guna meringankan pihak KKKS.

“Asuransi telah mampu menekan premi serendah mungkin, meskipun ditengah situasi ekonomi internasional yang fluktuatif. Apresiasi bagi tim kami di SKK Migas yang telah melakukan tawar menawar premi dan ini benar-benar dilakukan untuk kemajuan di hulu migas,” tuturnya.

Hulu migas, imbuh Arief, adalah suatu lokomotif ekonomi nasional. SKK migas melakukan pengelolaan asuransi hulu migas dengan membentuk konsorsium asuransi.

BACA JUGA   ESDM Klaim Akan Tingkatkan Penggunaan Gas Bumi

“SKK migas melakukan tender dengan persyaratan cukup ketat untuk memastikan asuransi sehat. Pengelolaan asuransi secara konsorsium mampu memberikan nilai tambah bagi SKK migas, KKKS dan juga asuransi itu sendiri,” pungkasnya. (SNU/RIF)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *