Logo SitusEnergi
PLTMH Silangkitang 53 kW Telah Beroperasi PLTMH Silangkitang 53 kW Telah Beroperasi
Jakarta, situsenergy.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) berupaya meningkatkan akses energi kepada masyarakat dengan prioritas di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).... PLTMH Silangkitang 53 kW Telah Beroperasi

Jakarta, situsenergy.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) berupaya meningkatkan akses energi kepada masyarakat dengan prioritas di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Salah satunya dengan  pembangunan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan.

“Energi listrik sudah menjadi kebutuhan vital bagi kehidupan masyarakat disamping makanan dan air, energi akan merubah kondisi suatu masyarakat karena energi merupakan pembuka peradaban,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana, Selasa (27/2/2018) di Jakarta.

Menurut Rida, telah beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Silangkitang Tambiski diharapkan dapat menjadi pemacu bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Silangkitang Tambiski. “Anak-anak akan makin banyak belajar karena malam hari mereka bisa belajar, ibu dan bapak juga akan punya aktifitas lain di malam hari karena sekarang rumahnya sudah pada terang di malam hari,” lanjut Rida.

Seperti diketahui, PLTMH Silangkitang Tambiski 53 kW di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, telah diresmikan oleh Rida, pada akhir pekan lalu.

BACA JUGA   Enam Blok Migas Beralih Ke Skema Gross Split Bulan Depan

Menurut Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, pihak Dirjen EBTKE telah mengalokasikan bantuan PLTMH 53.000 Watt yang saat ini telah melistriki 150 KK dan 96 titik penerangan jalan umum. “Dari total kapasitas yang ada, baru terpakai 1/3, jadi masih masih tersisa 2/3 lagi dan saya sudah bicara dengan Pak Camat itu jangan jadi barang mubazir, sebaiknya digunakan untuk menumbuhkan industri-industri rumah tangga,” ujar Gus Irawan Pasaribu.

Dia juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Saya akan carikan penggiling-penggiling kopi dan penggiling padi untuk masyarakat, nanti kita cari apa yang paling cocok agar ketersediaan listrik yang ada tidak mubazir,” lanjutnya. (Fyan)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *