Logo SitusEnergi
PLN Resmikan Listrik Desa di 33 Lokasi PLN Resmikan Listrik Desa di 33 Lokasi
Jakarta, Situsenergy.com PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat meresmikan operasional jaringan listrik melalui program listrik desa di desa Kemuning Biutak, Kecamatan Matan Hilir, Kabupaten... PLN Resmikan Listrik Desa di 33 Lokasi

Jakarta, Situsenergy.com

PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat meresmikan operasional jaringan listrik melalui program listrik desa di desa Kemuning Biutak, Kecamatan Matan Hilir, Kabupaten Ketapang pada, Jumat (15/9).

Menurut General Manager PLN Wilayah Kalimantan Barat Richard Safkaur, Desa Kemuning merupakan satu dari 33 desa program listrik desa anggaran tahun 2016. “Sebanyak 210 Pelanggan baru di desa Kemuning siap menikmati listrik PLN,” kata Richard.

Ia menjelaskan bahwa program pembangunan jaringan listrik desa ini bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi khususnya di Ketapang.

Hingga Agustus 2017, rasio elektrifikasi Kabupaten Ketapang sudah mencapai angka 72 persen. “Listrik di desa ini disuplai dari sistem kelistrikan area ketapang dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel. Kami menggunakan JTM dengan jarak 18,9 kms dan JTR dengan jarak 3,9 kms serta total Gardu mencapai 150 kVA,” imbuhnya.

Pembangunan listrik desa diakui Richard memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Ini tergambar dari terbatasnya akses menuju ke desa yang akan dilistriki.

“Meskipun harus mengahadapi medan yang sulit, program listrik desa harus tetap berjalan. Yang menjadi semangat dan motivasi kami adalah senyum bahagia masyarakat yang merasakan manfaat listrik disini,” ujar Richard.

BACA JUGA   Menteri ESDM: Untuk Capai Target Kurangi Emisi Butuh Pendanaan Besar

Di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, pada pekerjaan tahun anggaran 2016 telah dibangun jaringan listrik di 6 Lokasi Desa/Dusun.

Sementara Bupati Ketapang Martin Rantan menambahkan warga sudah tidak sabar dan antusias untuk menikmati listrik. Untuk itu warga akan membantu jika ada yang dibutuhkan PLN dalam percepatan pelistrikan desa.

“Ini adalah desa terakhir di kecamatan Matan Hilir yang dilistriki PLN. Tentunya selamat untuk PLN karna sudah menyelesaikan tugasnya. Dengan adanya listrik kami yakin akan bisa meningkatkan taraf hidup warga di Kemuning Biutak. Apalagi dengan dengan program lisdes PLN yang akan melistriki seluruh desa di Kalbar, tentu saja menjadi kabar yang membahagiakan bagi warga. Anak-anak akan bisa meningkatkan waktu belajarnya sehingga prestasi pun akan semakin meningkat. Listrik juga akan membuka kesempatan warga untuk menerima informasi dari luar melalui TV dan media,” ungkap Martin.

Hingga bulan Desember 2016, PLN Wilayah Kalimantan Barat mencatat jumlah desa yang sudah berlistrik di kabupaten ketapang dan kayong utara. Mereka mengungkapkan bahwa dari 305 desa, 246 desa sudah menikmati listrik dan untuk rasio desa berlistrik kabupaten Ketapang dan Kayong Utara telah mencapai angka 80%.

BACA JUGA   Terlibat Dalam Penanganan Wabah, PLN dan Pertamina Bakal Dapat Kompensasi

Dalam acara peresmian tersebut turut juga hadir Forkopimda Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan barat dan Kabupaten Ketapang, jajaran kepala desa, dan juga beberapa tokoh masyrakat.(adi)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *