Logo SitusEnergi
PLN Disjaya Kembangkan Bank Sampah PLN Disjaya Kembangkan Bank Sampah
Jakarta, situsenergy.com Jakarta dengan segala aktifitas penduduknya mengakibatkan beberapa masalah sosial dan lingkungan, diantaranya adalah sampah. Kesadaran lingkungan kaitannya dengan pengolahan sampah harus terus ditingkatkan.... PLN Disjaya Kembangkan Bank Sampah

Jakarta, situsenergy.com
Jakarta dengan segala aktifitas penduduknya mengakibatkan beberapa masalah sosial dan lingkungan, diantaranya adalah sampah. Kesadaran lingkungan kaitannya dengan pengolahan sampah harus terus ditingkatkan. Sampah hanyalah sampah yang tidak bernilai dan tidak bermanfaat.

Namun, di tengah kesibukan Ibukota masih ada kelompok-kelompok masyarakat yang peduli terhadap masalah sampah. Salah satunya yaitu komunitas Bank Sampah Anyelir yang berlokasi di Kelurahan Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Umur tak menjadi penghalang aktivis Bank Sampah Anyelir untuk terus mengabdikan dirinya bagi lingkungan sekitar. Rata-rata penggiat bank sampah ini sudah berumur lebih dari 50 tahun, namun mereka tetap semangat melakukan aktivitas di Anyelir seperti penimbangan sampah dari para nasabah, membuat produk daur ulang, membuat pupuk kompos dari sampah basah, menanam dengan cara hidroponik, dan kegiatan kepedulian lingkungan lainnya.

Bermodal niat mengelola sampah, Bank Sampah Anyelir berdiri pada awal 2014. Melalui program Bina Lingkungan PLN Peduli, PLN turut serta bergabung bersama-sama untuk membantu pengembangan Bank Sampah Anyelir sejak akhir 2014. PLN sebagai perusahaan yang melayani kepentingan umum mempunyai andil bertanggungjawab terhadap masalah-masalah sosial dan lingkungan yang dihadapi masyarakat.

BACA JUGA   PGN dan Perusahaan China Jalin Kerja Sama 

Secara berkelanjutan sampai saat ini Bank Sampah Anyelir masih menjadi binaan PLN dan akan terus bersinergi membangun kesadaran bahwa sampah juga mempunyai nilai apabila diperlakukan dengan benar.

“Susahnya bank sampah itu membangun kesadaran masyarakatnya. Masih gengsi kalo bawa-bawa sampah ke bank sampah,” tutur Ketua Bank Sampah Anyelir, Suharti kepada wartawan di Jakarta.

Bagi orang yang sudah paham dan sadar, setiap sampah adalah rupiah, apalagi jika dikelola dengan benar, maka sampah bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakat. “Terima kasih sekali PLN masih mau peduli sama lingkungan. Kalo lingkungannya bebas sampah kan jadi bebas banjir juga,” tambah Suharti.

Sementara Manajer Bidang KHA PLN Distribusi Jakarta Raya, Aries Dwianto mengatakan, pihaknya melalui program-program PLN Peduli ikut juga dalam memerdekakan masyarakat dari sampah serta mendorong pemberdayaan ekonomi secara mandiri.
“Rangkaian program PLN Peduli untuk lingkungan hidup tak berhenti di bank sampah saja. Masih banyak rangkaian program lainnya mewujudkan masyarakat Jakarta bebas merdeka mendapatkan lingkungan tempat tinggal yang bebas dari berbagai macam permasalahan lingkungan,” katanya di Jakarta, Rabu.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *