Logo SitusEnergi
Pertamina Pastikan Tahun Ini Lebih Sedikit Bangun SPBU Pertamina Pastikan Tahun Ini Lebih Sedikit Bangun SPBU
Jakarta, situsenergy.com  PT Pertamina (Persero) memastikan tahun ini lebih sedikit membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) bila dibandingkan tahun lalu mencapai 10... Pertamina Pastikan Tahun Ini Lebih Sedikit Bangun SPBU

Jakarta, situsenergy.com 

PT Pertamina (Persero) memastikan tahun ini lebih sedikit membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) bila dibandingkan tahun lalu mencapai 10 SPBU.

Direktur Utama Pertamina Retail, Azwani, mengtakan, hal itu disebabkan adanya sikap kehati-hatian Pertamina dalam meningkatkan pasar.

“Tiap tahunnya, perusahaan menargetkan pembukaan SPBU kurang lebih 10 SPBU.Tapi, sampai pada akhir tahun ini dipastikan tidak akan tercapai,” kata Azwani, di Jakarta, Senin (20/11).

Menurutnya, tahun ini baru nambah enggak banyak, sekitar 6 SPBU dan puluhan store lagi lah. Tapi masih kami evaluasi lagi, karena kita tahulah sektor retail saat ini lagi shifting. Kita masih hati-hati untuk bisa menambah store lagi.

Diakuinya, perusahaan bisa saja memaksakan untuk membuka SPBU dalam sisa waktu 1,5 bulan lagi di 2017. Hanya saja jika dihitung secara skala ekonomis, hal ini justru akan membebani neraca keuangan perusahaan.

Dengan demikian, pihaknya akan memasukkan rencana sisa ekspansi SPBU tahun ini ke 2018.

Azwani mengatakan, enam SPBU yang sudah dibangun sepanjang 2017 mayoritas berada di Pulau Jawa, khususnya di Jabodetabek. Di setiap SPBU, dia memperkirakan harus berinvestasi kurang lebih Rp 10 miliar-Rp 15 miliar, tergantung dari lokasinya.

BACA JUGA   PGN Siap Tingkatkan Kinerja Lewat Diversifikasi Produk dan Optimalisasi Portofolio

“Memang agak sulit sih ya, tergantung daerahnya. Kalau Jabodetabek kan Jakarta apalagi, kan lebih mahal. Kalau di luar Jawa mungkin lebih murah. Itu dinamis dan sangat tergantung lokasi mana yang kita ambil,” katanya.

Azwani mengaku penjualan BBM hingga saat ini tetap tumbuh. Hingga kuartal III 2017, Pertamina tercatat sudah menjual 1,2 juta kilo liter (KL) BBM, meningkat 2-3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Karena bertambahnya volume pemakaian oleh masyarakat, produksi otomotif meningkat dan ada tambahan dari jumlah SPBU sendiri,” pungkasnya.(mul)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *