Logo SitusEnergi
Pertamina: Impor BBM Masih Dibutuhkan Pertamina: Impor BBM Masih Dibutuhkan
Jakarta, situsenergy.com Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) sekitar 1,6 juta barel oil per day hingga saat ini ditopang dari produksi dalam negeri tak lebih... Pertamina: Impor BBM Masih Dibutuhkan

Jakarta, situsenergy.com

Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) sekitar 1,6 juta barel oil per day hingga saat ini ditopang dari produksi dalam negeri tak lebih dari 800 ribu barel oil per day.

BBM yang mengandalkan kilang milik PT Pertamina (Persero) saja, dianggap belum mampu menopang kebutuhan dalam negeri, diantaranya guna memenuhi kebutuhan transportasi yang setiap tahun mengalami kenaikan seiring produksi otomotif.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito mengatakan, untuk memenuhi kebututhan dalam negeri, hingga saat ini ketergantungan impor masih cukup tinggi, baik berupa produk BBM maupun minyak mentah.

“Jadi data umum adalah kita kebutuhan minyak mentah saja untuk kebutuhan kilang itu sekitar 1,6 juta barel oil per day kemudian produksi minyak dalam negeri sekitar 500 – 600 ribu barel oil per day, sisanya kita perlu impor, hasil yang keluar masih kurang di dalam negeri jadi sebagian masih impor,” tutur Adiatman ketika ditemui di kantor pusat Pertamina Jakarta (26/02/18).

Sementara itu, seiring naiknya harga minyak mentah dunia turut mengerek nilai impor produk BBM maupun minyak mentah. Fakta ini telah tercatat dari Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan resminya menyebutkan impor minyak nasional baik berupa hasil minyak maupun minyak mentah mengalami kenaikan secara nilai. Hal ini juga yang menyebabkan neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 0,67 miliar.(AY)

BACA JUGA   DEN : Potensi Cadangan Sumber Energi Indonesia Melimpah, Namun Penuh Tantangan

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *