Logo SitusEnergi
Pengamat Sebut Tiga Cawapres Berkomitmen Jalankan Transisi Energi Pengamat Sebut Tiga Cawapres Berkomitmen Jalankan Transisi Energi
Jakarta, Situsenergi.com Pengamat ekonomi energi Yayan Satyakti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) menilai, dalam debat keempat antara para calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu (21/1),... Pengamat Sebut Tiga Cawapres Berkomitmen Jalankan Transisi Energi

Jakarta, Situsenergi.com

Pengamat ekonomi energi Yayan Satyakti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) menilai, dalam debat keempat antara para calon wakil presiden (cawapres) pada Minggu (21/1), ketiga cawapres memiliki komitmen untuk menjalankan transisi energi dan memanfaatkan potensi energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.
Hal ini disampaikan Yayan dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Senin (22/1).

“Kalau kita melihat para calon wakil presiden memiliki komitmen yang mirip untuk menjalankan transisi energi, misalnya seperti dari calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka ada yang berkaitan dengan green jobs dan transisi energi. Lalu dari calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar juga sama dan kemudian dari calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD juga mendiskusikan hal yang sama,” ujar Yayan.

“Ketiga calon wakil presiden membahas topik transisi energi dan energi baru terbarukan dalam tataran kebijakan yang tentu nantinya dijabarkan dan ditindaklanjuti melalui program serta kebijakan teknis di level kementerian dalam pemerintahan baru mendatang,” sambungnya.

Lebih jauh ia juga menyoroti tentang adanya komitmen dari para cawapres untuk mengimplementasikan kebijakan terkait transisi energi dan pemanfaatan EBT.

BACA JUGA   Kejar Target, Manejemen PGE Siap Optimalkan Utilitas Area Lahendong

Selain itu terdapat beberapa hal misalnya seperti Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang energi dan sebagainya yang juga menjadi hal sangat krusial yang diungkapkan terkait RUU tersebut.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.(Ert/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *