Logo SitusEnergi
Pemerintah Genjot Kampanye 3 M Pemerintah Genjot Kampanye 3 M
JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mengampanyekan gerakan 3 M untuk menghemat energi. Ketiganya adalah mematikan lampu jika tidak digunakan,... Pemerintah Genjot Kampanye 3 M

JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mengampanyekan gerakan 3 M untuk menghemat energi. Ketiganya adalah mematikan lampu jika tidak digunakan, mencabut kabel, dan mengatur suhu pendingin ruangan ke angka 25 derajat celcius.

Menurut Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Ridha Mulyana mengatakan, program konservasi energi tidak mudah karena harus mengubah pola pikir dan budaya masyarakat. Salah satu di antaranya budaya mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan.

Dikatakannya, menghemat energi dapat dilakukan dengan cara mudah dan tidak perlu biaya. “Cukup matikan lampu saat tidak digunakan, ini harus terus dibiasakan biar jadi budaya,” ujar Ridha beberapa waktu lalu.

Selain gerakan 3 M, pemerintah juga melakukan kampanye “Potong 10 Persen”. Maksudnya, dengan menghemat penggunaan energi masyarakat mendapat keuntungan karena terjadi penurunan biaya listrik. (kn)

BACA JUGA   KESDM Tetapkan Harga Biodiesel Juli Rp 7.321 per Liter

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *