Logo SitusEnergi
Menteri ESDM: Tak Ada Formula Baru Tarif Listrik Menteri ESDM: Tak Ada Formula Baru Tarif Listrik
Jakarta, situsenergy.com Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan tidak ada formula tarif listrik baru yang tengah dikaji oleh jajaranya. Menurutnya,... Menteri ESDM: Tak Ada Formula Baru Tarif Listrik

Jakarta, situsenergy.com

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan tidak ada formula tarif listrik baru yang tengah dikaji oleh jajaranya. Menurutnya, harga batu bara akan masuk menjadi salah satu komponen pembentukan tarif listrik yang baru.

“Formula baru enggak ada,” tegas Jonan, di Ruang Damar, Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Sementara Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng menjelaskan, formula tarif listrik memiliki dua skema yakni tarif listrik biasa dan adjustment. “Nah yang tadinya (harga batu bara) dimasukan itu adalah berkaitan dengan adjusment,” ujarnya.

Namun, lanjut Andy, belum ada perkembangan terbaru dari rencana formula baru pembentuk tarif listrik ini. “Percuma saja dibahas jika pada akhirnya belum ada keputusan Menteri ESDM, mengenai harga batu bara yang menjadi komponen tarif listrik ke depan. Karena tarif adjusment hitung itu kan harus komprehensif, kalau misalnya tadi inflasi dan Rupiah,” tukasnya.

Selain itu, penetapan tarif listrik juga berkaitan dengan kewenangan pemerintah, meskipun pada akhirnya harga batu bara dimasukan ke dalam komponen pembentuk tarif. “Kalau enggak bisa naik gimana. Kalaupun ada adjustment. Ini kan melihat kondisi daya beli masyarakat dan sebagainya, kompetitif, industri kita,” tandasnya.(adi)

BACA JUGA   Kementrian ESDM Harus Dorong Market SPBU Berlaku Fair

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *