Logo SitusEnergi
Mantap, Cetak Prestasi Lagi, Kapal PIS Lolos MoU Kibarkan Merah Putih Di Eropa Mantap, Cetak Prestasi Lagi, Kapal PIS Lolos MoU Kibarkan Merah Putih Di Eropa
Jakarta, Situsenergi.com Kapal milik PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali mencetak prestasi. Kali ini giliran kapal Gas Arjuna yang sukses lolos Paris MoU yang... Mantap, Cetak Prestasi Lagi, Kapal PIS Lolos MoU Kibarkan Merah Putih Di Eropa

Jakarta, Situsenergi.com

Kapal milik PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali mencetak prestasi. Kali ini giliran kapal Gas Arjuna yang sukses lolos Paris MoU yang artinya memenuhi seluruh standar internasional yang diperlukan untuk kibarkan bendera Indonesia di benua Eropa.

“Ini merupakan kapal kedua milik PIS yang lolos inspeksi Paris MoU. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi PIS, karena kapal ini diawaki oleh 100% Indonesia. Menjadi bukti bahwa SDM dan kapabilitas kita memenuhi standar internasional dan siap mendunia,” kata CEO PIS Yoki Firnandi dalam keterangannya yang diterima Situsenerg.com, Selasa (11/7/2023).

Kapal yang dinakhodai Captain Prawoto dengan total 23 kru warga Indonesia itu, lolos inspeksi pada Port State Inspection di Gibraltar, Spanyol yang masih berada di bawah otorisasi Paris MoU. Dibangun pada tahun 2012 dan memiliki berat atau DWT 2389 ton, kapal Gas Arjuna berlayar dari Indonesia (Plaju) pada 24 Mei 2023 menuju Tees – Inggris dengan melalui rute Jeddah, Terusan Suez, dan tiba di Gibraltar untuk inspeksi pada 26 Juni 2023.

Dari Gibraltar setelah selesai melakukan penambahan Bahan Bakar dan Lolos PSC Inspection dengan “ZERO Observation” yang artinya lolos sempurna tanpa ada temuan. Gas Arjuna kemudian melanjutkan perjalanan ke Tees – UK untuk Loading Gas Propane. Setelah selesai Loading di Tees, Kapal menuju ke Pelabuhan Gdansk – Polandia untuk membongkar muatan nya.

BACA JUGA   Jaga Kesehatan Mental Pekerja, Pertamina dan Kementerian BUMN Berbagi Aksi Nyata Dukung Program 1.000 Manusia Bercerita

Saat ini Gas Arjuna dicharter oleh SHV Energy untuk mengantarkan Gas Propane, Butane maupun LPG Mixed dengan masa kontrak hingga 24 bulan. Selama Kontrak, kapal akan beroperasi sepenuh nya di perairan EROPA.

Untuk dapat melakukan loading di Tees-UK, Inggris maupun Pelabuhan lainnya di EROPA, Kapal Gas Arjuna wajib memenuhi standar Paris MoU. Paris MoU merupakan perjanjian resmi yang disepakati oleh 27 negara anggota yang berada di Eropa yang menerapkan sistem kontrol pelabuhan negara yang harmonis.

Setiap tahunnya, sebanyak 17 ribu kapal diinspeksi di pelabuhan-pelabuhan negara yang tergabung di MoU Paris untuk bisa berlayar di Eropa. Kapal-kapal yang lolos dipastikan telah memenuhi standar keselamatan, keamanan, dan lingkungan standar internasional, serta memastikan awak-awak kapal memiliki kondisi hidup dan kerja yang memadai.

Kesuksesan kapal PIS menembus pasar Eropa sekaligus mengangkut komoditas propane merupakan wujud komitmen perusahaan untuk menjadi yang terkemuka di Asia dengan terus mengedepankan keandalan operasional dan memberikan pelayanan terbaik bagi customer.

“Ini merupakan langkah mewujudkan visi sebagai Asia’s Leading Marine Logistics Company dengan membuktikan keandalan kapal untuk pengangkutan ke berbagai belahan dunia, dengan berbagai jenis muatan kargo,” tambah Yoki.(SL)

BACA JUGA   Direktur SDM Elnusa Raih Penghargaan OMG Award, Ini Prestasinya

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *