Logo SitusEnergy
Komit Pada Transisi Energi, BEI Jalin Kerjasama Komit Pada Transisi Energi, BEI Jalin Kerjasama
Jakarta, Situsenergi.com Guna mendukung transisi energi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Asosiasi Perdagangan Karbon Indonesia atau Indonesian Carbon Trade Association (IDCTA) melakukan penandatanganan... Komit Pada Transisi Energi, BEI Jalin Kerjasama

Jakarta, Situsenergi.com

Guna mendukung transisi energi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Asosiasi Perdagangan Karbon Indonesia atau Indonesian Carbon Trade Association (IDCTA) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam rangka pengembangan Perdagangan Karbon di Indonesia.

BEI sebagai pihak yang berpotensi menyelenggarakan Bursa Karbon di Indonesia berupaya untuk mendapatkan masukan dan dukungan dari berbagai pihak untuk menciptakan infrastruktur Bursa Karbon yang selaras dengan mandat yang ditetapkan oleh Pemerintah dan juga sesuai kebutuhan dari seluruh pelaku pasar.

Bentuk potensi kerja sama perdagangan karbon yang dapat dilakukan adalah mengadakan diskusi dan knowledge sharing dalam rangka pengembangan perdagangan karbon, fasilitasi dengan mengundang pihak ketiga dalam rangka knowledge sharing pengembangan perdagangan karbon, memperkenalkan dan melakukan evaluasi bersama berbagai solusi dalam rangka penyelenggaraan perdagangan karbon, menyelenggarakan kegiatan edukasi kepada stakeholder terkait, dan bentuk kerja sama lainnya dalam lingkup pengembangan perdagangan karbon.

“Kami menyambut baik dukungan yang disampaikan oleh IDCTA untuk menciptakan ekosistem perdagangan karbon yang sesuai dengan kebutuhan industri,” kata Irvan Susandy, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia saat penandatanganan Nota Kesepahaman di BEI pada Kamis (10/11/2022).

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BEI dan IDCTA dilakukan oleh Irvan Susandy sebagai Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia bersama dengan Riza Suarga sebagai Ketua Umum IDCTA.

BACA JUGA   Subsidi Energi Tahun Depan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Menanggapi kerja sama ini, Ketua Umum IDCTA Riza Suarga mengatakan IDX adalah bursa kebanggaan bangsa Indonesia yang telah proven menjadi Bursa Efek terbesar di kawasan, oleh karenanya adalah sangat tepat apabila IDX menjalankan peran yang signifikan dalam penyelenggaraan ekosistem perdagangan karbon.

“Kredit karbon Indonesia akan menjadi sangat berharga dan terpercaya sehingga merupakan kehormatan bagi IDCTA untuk terus mendukung suksesnya amanah ini,” kata dia.

Anggota IDCTA Andi W. Setianto melihat perdagangan karbon di Bursa Efek Indonesia sebagai sumber devisa pendapatan negara yang sekaligus mendukung transisi energi dan ekonomi Indonesia menjadi negara maju.

“Selain itu, perdagangan karbon ini juga mendukung kelestarian hutan dan penggunaan lahan lainnya (forest and other land uses, FOLU) untuk mengurangi emisi dan pembuangan gas rumah kaca yang dihasilkan dari penggunaan lahan langsung disebabkan oleh manusia seperti pemukiman dan penggunaan komersial, perubahan pemanfaatan lahan, dan kegiatan kehutanan,” pungkasnya. (SA/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *