Logo SitusEnergi
Ketua Umum SP PLN : Power Wheeling Adalah Ancaman Bagi PLN Ketua Umum SP PLN : Power Wheeling Adalah Ancaman Bagi PLN
Jakarta, Situsenergi.com Ketua Umum Serikat Pekerja PLN (SP PLN), M Abrar Ali menegaskan, bahwa salah satu penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah... Ketua Umum SP PLN : Power Wheeling Adalah Ancaman Bagi PLN

Jakarta, Situsenergi.com

Ketua Umum Serikat Pekerja PLN (SP PLN), M Abrar Ali menegaskan, bahwa salah satu penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah listrik melalui kabel-kabel listrik PLN.

Hal ini disampaikan Abrar kepada wartawan di sela Musyawarah Nasional (Munas) Serikat Pekerja PT PLN yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (15/4/2023).

“Insya Allah dengan direksi PLN kita bisa menyatukan Nusantara melalui kabel listrik di bawah laut. Apalagi di tengah over supply listrik seperti saat ini, kita berkeinginan mendistribusikan listrik ke seluruh negeri.

Namun pihaknya berharap kontrak IPP bisa dinegosiasi ulang agar persoalan over supply ini bisa diselesaikan dulu.

“Jadi jangan ditambah dulu agar tidak menjadi beban PLN dan beban negara dalam hal subsidi dan kompensasinya,” cetusnya.

Di sisi lain, lanjut Abrar, PLN juga menghadapi berbagai ancaman, diantaranya keinginan sejumlah pihak yang akan membuka jaringan bagi siapa pun (Power Wheeling) seperti jalan tol.

“Padahal bila frekuensi dan tegangannya tidak bisa masuk, maka yang ada malah akan menimbulkan kerusakan,” kata Abrar yang pernah bertugas sebagai operator sehingga bisa merasakan bagaimana rumit dan susahnya mengatur jaringan.

Tantangan lainnya, lanjut Abrar, adalah bagaimana PLN dapat menurunkan emisi gas buang. Jamak diketahui, bahwa Indonesia adalah lumbung energi namun kewalahan mengaturnya. Karena itu, SP PLN akan membantu Presiden Joko Widodo mengawal persoalan ini.

BACA JUGA   PLN Raih Green Business Ratings Terbaik di Sektor Energi dan Pertambangan dalam Green Economic Forum 2024

“Tantangan lainnya lagi adalah memaksimalkan penggunaan gas bumi, sebagai energi ramah lingkungan, untuk mengurangi penggunaan energi batu bara,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Darmawan yang disambut antusias oleh ribuan peserta Munas SP PLN itu mengaku sebagai bagian dan integral SP PLN. Dia mengapresiasi terselenggaranya Munas tersebut dan mengaku pihaknya bersama SP PLN sama-sama ingin melistriki seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, pihaknya mempelajari desa-desa dan pulau-pulau mana yang belum ada aliran listriknya.

“Saya turun sendiri, saya coaching sendiri bagaimana menggunakan teknologi digital, menyambung transmisinya, menyambung underwater cablenya, hingga pembangkit apa yang harus dibangun. Dan Alhamdulillah, dalam pertemuan dengan para General Manager PLN di seluruh Indonesia, telah fasih menyampaikan kondisi kelistrikan daerah-daerah terpencil di Indonesia sehingga pada tahun 2024 ratio elektrifikasi bisa mencapai seratus persen,” papar Darmawan.

Pada kesempatan itu, Darmawn juga mengutip beberapa kalimat dari Lagu MARS SP PLN, yang dicuplik di lead berita.
Menurutnya, ini ruh dari SP PLN. Nukilan dari Mars SP PLN itu sangat luar biasa! Inspiring dan memberi getaran pada lubuk hati yang paling dalam.

BACA JUGA   2022, Sebanyak 1.000 Unit Motor Akan Dikonversi ke Motor Listrik
Binis Parasit Solar Campuran Minyak Sawit

“Kalau melihat pertempuran besar di dunia ini selalu dimenangkan oleh mereka yang tidak memiliki teknologi paling canggih tetapi dimenangkan oleh kekuatan batiniah yang tidak takut apa pun tantangannya. Tidak pernah menyerah dalam kondisi sesulit apa pun. Dan itulah kekuatan yang dimiliki oleh PLN,” tukasnya.

“PLN juga memiliki tantangan luarbiasa, yaitu adanys asas non demand, di luar RUPTL. Besarnya 15 dam 16 GW di luar RUPTL. Tugas utama PLN sesuai dengan UU Ketenagalistrikan adalah menyediakan listrik ke seantero Nusantara,” pungkas Darmawan.(Ert/SL)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *