Logo SitusEnergi
Jonan Tantang Investor Bangun Kilang dan SPBU Mandiri Jonan Tantang Investor Bangun Kilang dan SPBU Mandiri
Jakarta, situsenergy.com Peluang bisnis pada industri hilir minyak dan gas bumi (migas) mulai dari pembangunan kilang sampai pada pengembangan jaringan pendistribusian bahan bakar minyak... Jonan Tantang Investor Bangun Kilang dan SPBU Mandiri

Jakarta, situsenergy.com

Peluang bisnis pada industri hilir minyak dan gas bumi (migas) mulai dari pembangunan kilang sampai pada pengembangan jaringan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM), kini dibuka seluas-luasnya bagi swasta.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengemukakan hal tersebut kepada waratwan saat menghadiri acara Pertambangan dan Energy Expo 2017 di Hotel JW Marriot di kawasan bisnis Kuningan Jakarta, Selasa kemarin.

Mantan Menteri Perhubungan itu kembali menantang swasta untuk membangun kilang sendiri dan stasiun pengisian bahan bakar minyak umum (SPBU). Tujuannya antara lain adalah untuk mendorong terciptanya ketahanan energi nasional.

Oleh karena itu, Menteri ESDM mendorong sektor swasta bisa membangun kilang minyak secara mandiri, juga membangun seluruh jaringan distribusi. “Mereka bisa bangun kilang minyak sendiri, mengimpor minyak mentah sendiri, membangun jaringan distribusi sendiri termasuk membanun SPBU mandiri,” kata Jonan.

Terkait dengan itu, Jonan, menjamin kemudahan memperoleh perizinan. Dia mengatakan, sejak berlakunya Peraturan Menteri ESDM Nomor 35 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pembangunan Kilang Minyak di Dalam Negeri oleh Badan Usaha Swasta, Pertamina tidak lagi memonopoli pembangunan kilang minyak.

BACA JUGA   FPKS Beri Rapor Merah Pemerintah Di Pengelolaan Energi, Ini Penyebabnya

Disamping itu, kata dia, swasta juga tidak diwajibkan untuk menjual BBM ke Pertamina (offtake), karena cara ini tidak mendorong swasta untuk masuk. “Swasta banyak mengeluhkan, kok harus offtake ke Pertamina. Oleh sebab itu, sekarang tidak diwajibkan lagi offtake ke Pertamina,” tandas Jonan.

Menyinggung soal keberpihakan, Menteri ESDM mengatakan, Permen No 35 Tahun 2016 tidak berarti pemerintah berpihak pada pelaku industri tertentu, melainkan upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan energi, menjamin ketersediaan BBM, dan mengurangi ketergantungan impor BBM.(mul)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *