Logo SitusEnergy
Jenis-Jenis BBM Pertamina, Mobil Anda Cocok Pakai Yang Mana? Jenis-Jenis BBM Pertamina, Mobil Anda Cocok Pakai Yang Mana?
Jakarta, Situsenergi.com PT Pertamina (Persero) memasarkan BBM retail untuk sektor transportasi, rumah tangga dan nelayan melalui SPBU (Stasiun Pengisian BBM Umum) yang tersebar di seluruh... Jenis-Jenis BBM Pertamina, Mobil Anda Cocok Pakai Yang Mana?

Jakarta, Situsenergi.com


PT Pertamina (Persero) memasarkan BBM retail untuk sektor transportasi, rumah tangga dan nelayan melalui SPBU (Stasiun Pengisian BBM Umum) yang tersebar di seluruh Indonesia. Berbagai jenis BBM pun dijual di SPBU, dengan jenis dan keunikannya masing-masing, disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan yang menggunakannya. 


Situsenergi.com berhasil merangkum macam-macam BBM yang dijual di SPBU Pertamina, mulai dari BBM untuk jenis kendaraan bermesin bensin, hingga kendaraan bermesin diesel


Bahan bakar bermesin bensin: 

  1. Pertamax Racing

Pertamax Racing merupakan jenis bahan bakar yang dipergunakan khusus untuk kebutuhan balap atau racing.BBM jenis ini sudah diakui oleh asosiasi balap internasional dan BBM ini memiliki tingkat kandungan oktan minimal 100, atau spesifikasi paling tinggi yang mampu mendukung mesin kendaraan dengan kompresi lebih tinggi dari 13:1.

 
“Pertamax Racing merupakan bahan bakar kendaraan yang diakui federasi balap internasional, menjadikan mesin lebih responsive, lebih stabil, dan memiliki daya tahan yang tinggi, serta bersahabat dengan lingkungan,” demikian dijelaskan oleh Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan, saat dihubungi Situsenergi.com, Jumat (16/7/2021)

BACA JUGA   Pertamina Tidak Boleh Untung?

2. Pertamax Turbo

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang dikembangkan bersama antara Pertamina dan Lamborghini yang dirancang untuk memenuhi persyaratan mesin berteknologi tinggi. Pertamax Turbo pertama kali diluncurkan di Belgia sebagai bahan bakar resmi pada Lamborghini Supertrofeo European Series pada 29 Juli 2016.


Pertamax turbo dikembangkan dengan formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) dengan angka oktan 98, dan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara di sekitar kita. Saat ini, Pertamax Turbo menuju standard Euro IV.

Kelebihan dan manfaat Pertamax Turbo terhadap mesin yaitu mampu meningkatkan drivability kendaraan sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin.

3. Pertamax

Bahan bakar Pertamax merupakan bahan bakar bensin dengan angka oktan minimal 92 berstandar international. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).

BACA JUGA   Energy Watch : Digitalisasi Akan Membuat Pertamina Menjadi Lebih Transparan

Pertamax punya keunggulan memiliki ecosave technology, mampu membersihkan bagian dalam mesin (detergency), punya pelindung anti karat untuk dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin (corrotion inhibitor), serta mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari membuat pembakaran lebih sempurna.

4. Pertalite

Pertalite memiliki angka oktan 90,  berwarna hijau terang dan sangat tepat digunakan oleh kendaraan dengan kompresi 9:1 hingga 10:1. 

Pertalite memiliki angka oktan yang lebih tinggi daripada bahan bakar Premium 88 sehingga lebih tepat digunakan untuk kendaraan bermesin bensin yang saat ini beredar di Indonesia. Dengan tambahan additive, Pertalite mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan tetap memastikan kualitas dan harga yang terjangkau.

5. Premium

Nah, Premium ini adalah bahan bakar mesin bensin dengan angka oktan paling rendah, yaitu 88. Diproduksi sesuai dengan Keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Np.3674/K24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 88. 

Premium digunakan untuk kendaraan bermotor bensin dengan kompresi dibawah 9:1.

 
Bahan bakar bermesin diesel:

  1. Pertamina Dex
BACA JUGA   Bernilai Ekonomis Tinggi, Ternyata Utilisasi FABA di Indonesia Baru 10 Persen

Merupakan bahan bakar diesel yang dilengkapi dengan lubricity dan anti foaming of gas. Pertamina Dex mempunyai kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3.

Pertamina Dex sangat disarankan untuk mesin diesel modern berteknologi Common Rail System yang memang membutuhkan bahan bakar prima dan berkualitas tinggi.

2. Dexlite

Dexlite adalah varian bahan bakar diesel terbaru dari Pertamina yang diluncurkan pada tanggal 15 April 2016. Dexlite memiliki angka cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 ppm. 

3. Solar

Solar adalah bahan bakar diesel dengan angka cetane 48, biasa digunakan untuk kendaraan bermesin diesel dengan teknologi lama dengan kandungan sulfur 2500 ppm. 

Solar biasanya digunakan untuk angkutan umum dan kendaraan niaga yang bermesin diesel. (SNU/RIF)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *